Profil Alex Tirta, Pemilik Alexis yang Terseret Kasus Firli Bahuri

Amelia Yesidora
3 November 2023, 12:08
Alex Tirta di kasus Firli Bahuri
Antara
Tirta Juwana Darmadji (Alex Tirta) menggunakan baju putih mendatangi Polda Metro Jaya untuk menjalani pemeriksaan, Jumat (3/11/2023). ANTARA/Ilham Kausar

Nama Alex Tirta kembali muncul ke ranah publik. Pria dengan nama lengkap Tirta Juwana Darmadji itu dulunya dikenal sebagai pemilik Hotel Alexis dan menjabat sebagai ketua Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia kini terseret kasus korupsi. 

Ia menjadi saksi dugaan pemerasan Ketua KPK Firli Bahuri terhadap mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Alex pun hari ini hadir ke Polda Metro Jaya untuk menjalani pemeriksaan setelah pada Rabu (1/11) ia mangkir dari pemeriksaan dengan alasan kesehatan. 

Nama Alex terseret pusaran perkara dugaan pemerasan Firli Bahuri lantaran ia menjadi orang yang membayarkan sewa rumah Firli yang digeledah KPK. Ditreskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak menyebut rumah di Kawasan Kertanegara, Jakarta Selatan itu disewa oleh Alex Tirta seharga kisaran Rp 650 juta per tahun. 

Menurut Ade meski dibayarkan sewanya oleh Alex, rumah tersebut teridentifikasi disewa oleh Firli. Di sisi lain Ade Safri tidak menjelaskan alasan Firli menyewa rumah tersebut, Ade hanya menjelaskan sudah memeriksa pemilik rumah berinisial E. 

Saat disinggung terkait kemungkinan Firli pernah bertemu SYL di rumah tersebut, Ade Safri menjelaskan hal tersebut merupakan materi penyidikan. Ade juga belum menjelaskan apa hubungan antara Alex dan Firli. 

Alex Tirta dan Bisnis Hiburan Malam

Bernama lengkap Tirta Juwana Darmadji, lelaki ini adalah pebisnis industri hiburan di Ibu Kota. Ia dikenal sebagai pendiri Grup Alexis yang membawahi beberapa bisnis hotel dan hiburan malam di Jakarta. Perusahaan itu berdiri atas nama PT Grand Ancol Hotel. 

Halaman:
Reporter: Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...