Tiga Capres Diharapkan Bahas Alutsista hingga Terorisme dalam Debat

Muhamad Fajar Riyandanu
7 Januari 2024, 19:21
debat, alutsista,terorisme
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/wpa/YU
Capres nomor urut satu Anies Baswedan (kanan), Capres nomor urut dua Prabowo Subianto (tengah), Capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo (kiri) beradu gagasan dalam debat perdana Capres dan Cawapres 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (12/12/2023).
Button AI Summarize

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar debat capres di Istora Senayan Jakarta hari ini. Pakar berharap tiga capres yakni  yakni Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo membahas alat utama sistem senjata (Alutsista) hingga ancaman terorisme.

Debat ketiga hari ini membahas tema pertahanan, keamanan, geopolitik, dan hubungan internasional.  Staf Ahli Bidang Hubungan Internasional Universitas Moestopo, Ryantori mengatakan penyediaan alutsista nasional saat ini mendesak seiring kondisi ekonomi global yang cenderung tidak baik-baik saja. 

"Perlu penyediaan alutsista untuk berjaga agar tidak ada pihak luar yang menyerang. Akhirnya semua pihak membeli alutsista, padahal kondisinya tidak perang," kata Ryantori  di sela-sela segmen Nobar Katadata Debat Pilpres 2024: Debat Ketiga yang ditayangkan di kanal YouTube Katadata pada Minggu (7/1).

Selain itu dia menyebut terorisme merupakan ancaman baru bagi keutuhan sebuah bangsa. Ancaman lainnya adalah tensi geopolitik global saat ini cenderung memanas dan berpotensi melebar ke sejumlah penjuru negara.

Dia menyebut konflik bersenjata antara Rusia dan Ukraina, perang Israel dan Palestina serta menghangatnya isu ketegangan di Laut Cina Selatan dipicu oleh kondisi ekonomi global yang merosot.

Makanya dia menyebut usaha dagang peralatan militer merupakan bisnis yang relevan dalam kondisi ketegangan geopolitik saat ini. Ryantori menjelaskan, industri militer merupakan salah satu penyumbang pemasukan paling besar bagi sejumlah negara maju. 

"Industri ini untuk kondisi perang laku, kondisi tidak perang juga laku," ujar Ryantori.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...