Gempa Magnitudo hingga 6,1 Melanda Aceh, Papua, dan Sulawesi

Desy Setyowati
5 Desember 2021, 10:11
gempa, gempa bumi, bencana alam, bmkg
BMKG
Titik gempa bumi di Jayapura, Papua dan Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara pada Minggu pagi (5/12).

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa bumi di Jayapura, Papua dan Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara pada Minggu pagi (5/12). Selain itu, terjadi lindu di Aceh pada Sabtu tengah malam (4/12).

Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno mengatakan, gempa bumi dengan magnitudo 6,1 terjadi di Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, pada Minggu pagi. Namun tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Advertisement

Berdasarkan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi itu merupakan jenis menengah. Ini terjadi akibat aktivitas subduksi Lempeng Filipina.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik," kata Bambang dikutip dari Antara, Minggu (5/12).

Menurut BMKG, gempa terjadi pada Minggu Pukul 06.47 WIB. Pusatnya berada pada kedalaman 156 kilometer di laut, sekitar 147 kilometer tenggara Melonguane di Kabupaten Kepulauan Talaud.

Magnitudo gempa itu semula dilaporkan 6,2, namun kemudian dimutakhirkan menjadi 6,1.

Berdasarkan peta guncangan gempa, dampak gempa itu berpotensi dirasakan di Morotai pada skala III MMI. Getaran dirasakan nyata di dalam rumah.

Hingga saat ini, belum ada laporan mengenai kerusakan yang terjadi akibat gempa tersebut.

Halaman:
Reporter: Antara, Desy Setyowati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement