Erick Thohir: Mangkunegaran Punya Peran Strategis dari Berbagai Aspek

Patricia Yashinta Desy Abigail
20 Maret 2023, 06:28
Erick Thohir, Mangkunegaran, bumn
Katadata/Patricia
Menteri BUMN Erick Thohir Hadiri Acara Katadata CEOs Mangkunegaran Royal Diner. Minggu (19/3/2023).

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, Mangkunegaran tidak hanya menjadi satu pusat kebudayaan terpenting di Tanah Air, tetapi juga memiliki peran strategis dari berbagai aspek kehidupan dan pemerintahan baik di level nasional maupun internasional.

Hal itu ia sampaikan saat memberikan sambutan kepada para tamu undangan di acara Katadata CEOs Mangkunegaran Royal Dinner di Solo, Jawa Tengah, Minggu (19/3). Acara ini dalam rangka hari jadi Pura Mangkunegaran ke-266. 

Advertisement

"Mangkunegara telah menjadi pelopor modernisasi asia sejak lebih dari 266 tahun yang lalu," kata Erick Thohir dalam acara Katadata CEOs Mangkunegaran Royal Dinner pada Minggu (19/3).

Ia bercerita bahwa Pura Mangkunegaran berdiri 1757. Peradaban Mangkunegaran saat itu pesat, tidak terlepas dari jalinan kerja sama internasional dan visi kepemimpinan Mangkunegaran. 

"Tentu kita bisa liat kerja sama dari bidang ekonomi, pendidikan ,dan budaya. Hal ini juga ditunjukkan dengan gencarnya pembangunan infrastruktur kota seperti fasilitas umum rumah sakit hingga taman kota," kata Erick Thohir.

Dari sisi ekonomi, perdagangan internasional di Mangkunegaran terjadi sejak lama. Terdapat perkebunan tebu hingga pabrik gula yang sangat dibutuhkan.

Halaman:
Reporter: Patricia Yashinta Desy Abigail
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement