Disuntik Rp 801 Miliar, Ruangguru Fokus Ekspansi di Asia Tenggara

Ruangguru meraih pendanaan US$ 55 juta. Startup pendidikan ini berfokus mempercepat ekspansi bisnis di Indonesia, Vietnam, dan Thailand di segmen TK hingga kelas 12.
Image title
19 April 2021, 14:27
Disuntik Rp 801 Miliar, Ruangguru Fokus Ekspansi di Asia Tenggara
Desy Setyowati|KATADATA
Pendiri sekaligus Chief of Product and Partnership Ruangguru Iman Usman (paling kiri) dan CEO sekaligus pendiri Ruangguru Adamas Belva Syah Devara (paling kanan) saat konferensi pers terkait lima tahun Ruangguru.

Startup pendidikan Ruangguru meraih pendanaan US$ 55 juta atau sekitar Rp 801 miliar. Dana segar ini akan digunakan untuk mempercepat ekspansi bisnis di Indonesia, Vietnam, dan Thailand di segmen K-12 atau TK hingga kelas 12.

Investasi tersebut dipimpin oleh Tiger Global Management. Investor lain yang berpartisipasi yakni GGV Capital, serta penanam modal awal yakni East Ventures, Venturra Capital, dan UOB Venture Management.

Co-founder sekaligus CEO Ruangguru Belva Devara mengatakan, Tiger Global  dan GGC Capital berinvestasi di beberapa perusahaan teknologi pendidikan terbaik secara global. “Kami berbagi visi yang sama tentang dunia dengan akses ke pendidikan berkualitas untuk semua,” kata dia dalam siaran pers, Senin (19/4).

Ia mengatakan, Ruangguru terus mengalami pertumbuhan yang kuat pada tahun lalu. “Investasi ini akan membantu kami mengembangkan bisnis lebih jauh dan memberikan dampak yang berarti dalam pendidikan, melalui teknologi,” ujar dia.

Advertisement

Co-founder sekaligus Chief Product and Partnership Officer Ruangguru Iman Usman menambahkan, Ruangguru saat ini memiliki investor yang kuat di bidang industri pendidikan. “Kami berencana memanfaatkan keahlian dan jaringan mereka untuk meningkatkan produk dan tim,” ujarnya.

Hal itu akan membantu perusahaan memberikan penawaran produk pendidikan kelas dunia. “Kami akan terus memenuhi misi untuk memungkinkan akses yang lebih baik ke pendidikan berkualitas bagi jutaan pelajar di Asia Tenggara,” katanya.

Saat ini, Ruangguru melayani lebih dari 22 juta pengguna. Perusahaan mengklaim, Net Promoter Score (NPS) di semua kategori mencapai level tertinggi.

Selain itu, pertumbuhan pendapatan berlipat ganda. Ini menandai tahun keuangan pertama perusahaan untuk meraup untung.

Pada tahun lalu, Ruangguru meluncurkan StartDee di Thailand. Pada 2019, startup pendidikan ini hadir di Vietnam dengan nama KienGuru.

Perusahaan rintisan itu juga meluncurkan Roboguru berbasis kecerdasan buatan alias artificial intelligence (AI). Lalu, merilis Akademi Bahasa Inggris pada Januari 2021.

Sedangkan jumlah pengguna Skill Academy mencapai  lebih dari tiga juta.

Mitra di Tiger Global Management Evan Feinberg mengatakan, Ruangguru siap untuk mengubah dan meningkatkan lanskap pendidikan untuk siswa K-12 dan pembelajaran bagi orang dewasa. “Kami sangat senang dapat bermitra dengan mereka karena terus berinovasi untuk pasar,” kata dia.

Managing Partner di GGV Capital Jixun Foo menambahkan, investasi berkelanjutan perusahaan di Ruangguru merupakan bukti kepercayaan atas komitmen memajukan pendidikan. “Sejak putaran Seri C sebelumnya, kami menyaksikan secara langsung komitmen tak tergoyahkan Ruangguru terhadap pendidikan, terutama selama masa-masa sulit Covid-19,” ujar dia.

Sebelumnya, General Atlantic dan GGV Capital memimpin pendanaan Seri C Ruangguru US$ 150 juta pada Desember 2019.

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait