Microsoft Segera Rilis Windows 11, Windows 7 & 8.1 Bisa Alih Gratis?

Microsoft akan meluncurkan Windows 11 pekan depan (24/6). Kabarnya, pengguna Windows 7 dan 8.1 bisa memperbarui sistem operasi secara gratis.
Image title
18 Juni 2021, 11:15
Microsoft Segera Rilis Windows 11, Windows 7 & 8.1 Bisa Alih Gratis?
Twitter/@tomwarren
Bocoran tampilan Windows 11

Perusahaan asal Amerika Serikat (AS) Microsoft akan meluncurkan sistem operasi Windows 11 pekan depan (24/6). Kabarnya, pengguna Windows 7 dan 8.1 bisa memperbarui operating system (OS) ke Windows 11 secara gratis.

Pengguna Windows 10 otomatis bisa memperbarui OS secara gratis ketika Windows 11 dirilis. Namun XDA Developers melaporkan, pemakai Windows 7 dan 8.1 kemungkinan dapat beralih ke Windows 11 tanpa dipungut biaya.

Berdasarkan penelusuran XDA Developers terhadap kunci konfigurasi dalam Pkeyconfig pada build Windows 11 yang bocor, ada jalur pemutakhiran bagi pengguna Windows 7, 8, dan 8.1.

Setelah dicoba, kunci konfigurasi itu bisa digunakan untuk pemakai Windows 7 dan 8.1. Sedangkan file Windows 8 tidak mendukung.

Advertisement

"Bukti menunjukkan bahwa pengguna yang masih menggunakan Windows 7 atau 8.1, dapat meningkatkan (OS) ke Windows 11 secara gratis," demikian dikutip dari XDA Developers, Kamis (17/6).

XDA Developers menyampaikan, pengguna Windows 7 dan 8.1 yang ingin meningkatkan sistem operasi dapat mengunduh Windows 11 di perangkat. Selain itu, bisa melalui server Microsoft, pembaruan Windows, WSUS, Media Creation Tool atau Update Assistant.

Sebelumnya, Microsoft merancang Windows 10X untuk perangkat layar ganda. Namun perusahaan membatalkan pembaruan ini.

Microsoft kemudian berfokus menggarap Windows 11 yang akan dirilis pekan depan (24/6). "Kami berjanji untuk membuka peluang ekonomi yang lebih besar bagi pengembang dan pembuat aplikasi di Windows," kata CEO Microsoft Satya Nadella dikutip dari The Verge, Rabu (15/6).

Windows 11 juga dibuat untuk meningkatkan pengalaman Xbox. Sistem operasi teranyar ini diklaim bakal menawarkan akses cepat ke gim Xbox Game Pass.

Namun, sebelum resmi diluncurkan, tampilan sistem operasi baru itu bocor. The Verge menyampaikan, ada beberapa perubahan aktualisasi Windows 11 seperti ikon taskbar berada di tengah desktop, sementara Windows 10 di kiri.

Menu start juga diperbarui menjadi lebih sederhana dengan tanpa menyertakan Live Tiles seperti di Windows 10. Pengguna pun dapat menambahkan mode gelap di Windows 11 ini.

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait