Sasar Pasar Indonesia, Clubhouse Andalkan Komunitas dan Fitur Baru

Fahmi Ahmad Burhan
16 November 2021, 14:37
Clubhouse, media sosial, elon musk
Katadata/Desy Setyowati
Aplikasi Clubhouse

Aplikasi percakapan berbasis suara Clubhouse mengandalkan komunitas dan fitur baru untuk menyasar pasar Indonesia. Fitur yang akan diluncurkan seperti lokalisasi bahasa.

Co-founder sekaligus CEO Clubhouse Paul Davison menilai, pasar Indonesia potensial untuk pertumbuhan Clubhouse. "Indonesia adalah pasar yang sangat penting," katanya saat konferensi pers virtual, Selasa (16/11).

Sebab, jumlah pengguna internet yang banyak. We are Social dan Hootsuite mencatat ada 202,6 juta pengguna internet di Indonesia per Januari. Sedangkan jaringan mobile aktif mencapai 345,3 juta, atau 125,6% dari total populasi.

Selain itu, pengguna Clubhouse di Indonesia mempunyai kreativitas dalam membuat konten. "Orang-orang Indonesia menggunakan cara kreatif yang tidak ditemukan di negara lain," katanya. Alhasil, konten yang dihasilkan oleh pengguna Indonesia lebih beragam.

Untuk meraup pangsa pasar Indonesia, Clubhouse mengandalkan komunitas. "Yang terpenting adalah kemampuan komunitas," kata Paul.

Komunitas itu menurutnya mempu menjaring pengguna baru untuk terlibat di Clubhouse lewat beragam topik bahasan seperti game musik, hingga bisnis.

Selain komunitas, Clubhouse terdorong oleh kehadiran orang-orang terkenal, mulai dari miliarder hingga selebritas. "Ada Elon Musk hingga Oprah Winfrey yang membawa pengikut mereka," katanya.

Clubhouse juga mengandalkan kemampuan fitur baru untuk menggaet pengguna Indonesia. Saat ini, pengguna Nusantara bisa menggunakan fitur bahasa lokal saat mengoperasikan layanan.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...