Atlet Free Fire RI Raih 2 Medali di SEA Games, Garena Beri Rp 1 Miliar

Timnas e-sports gim Free Fire Indonesia meraih emas dan perak dalam perhelatan SEA Games Vietnam 2021. Perusahaan afiliasi Shopee, Garena memberikan Rp 1 miliar kepada atlet dan tim ofisial.
Image title
25 Mei 2022, 14:27
e-sports, gim, game, sea games,
ANTARA FOTO/REUTERS/Aly Song
Suasana pada hari diselenggarakannya babak final International Dota 2 World Championships di Mercedes-Benz Arena, Shanghai, Cina, Minggu (25/8/2019).

Timnas e-sports gim Free Fire Indonesia berhasil meraih dua medali yakni emas dan perak pada perhelatan SEA Games Vietnam 2021. Pengembang Free Fire, Garena pun memberikan dana pendidikan dan pelatihan Rp 1 miliar kepada atlet hingga ofisial tim.

Head of Business Development Esports Garena Wijaya Nugroho mengatakan, sumbangan itu sebagai bentuk terima kasih dan rasa bangga terhadap prestasi atlet e-sports Indonesia. "Mereka adalah pahlawan yang mendapatkan medali emas dan perak pertama di ajang e-sports SEA Games," ujarnya dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (25/5).

Dana pendidikan dan pelatihan itu diberikan Garena kepada masing-masing atlet, pelatih hingga ofisial tim. "Jadi, saya tekankan bahwa semua yang terlibat di timnas dapat. Ini sebagai bagian dari merayakan prestasi," ujarnya.

Selain itu, sumbangan dana pendidikan dan pelatihan diberikan untuk mendorong kemajuan industri e-sports di Indonesia. Sebab, pasar ini di Indonesia dinilai cukup besar.

Advertisement

Berdasarkan firma analis Stream Hatchet, jumlah penonton turnamen e-sports di platform video streaming naik 73% secara tahunan (year on year/yoy) pada 2020. Lama menonton rerata 500 juta jam per pekan.

Asosiasi E-Sports Indonesia (IeSPA) mencatat, terdapat 44,2 juta pemain e-sports di Tanah Air. Industri gim di Indonesia diperkirakan tumbuh hingga lebih dari 30% tahun lalu.

Pelatih tim Free Fire Indonesia Muslih Wahyudi Rachman mengatakan, atlet e-sports Tanah Air melalui proses pelatihan intens sehingga bisa berprestasi. "Jadi rutinitas bagian dari e-sports dan kompetisi. Bangun, latihan, tidur ini untuk bisa bermain bagus dan memberikan yang terbaik," ujarnya.

Timnas e-sports Free Fire berhasil mendapatkan medali emas dan perak setelah menduduki klasemen pertama, serta kedua di SEA Game 2021. Indonesia membawa dua tim dalam gelaran tersebut, yakni tim Indonesia 1 atau Garuda dan tim Indonesia 2 atau Rajawali. 

Tim Garuda berhasil mengumpulkan 236 poin dan berhasil mendapatkan medali emas. Sementara, tim Rajawali memperoleh 198 poin dan berhasil mendapatkan medali perak. 

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait