Siap-siap! TV Analog di Jawa Timur Mati pada 20 Desember

Lenny Septiani
8 Desember 2022, 14:53
tv analog, jawa timur, surabaya, kominfo, tv digital
ANTARA FOTO/Novrian Arbi/wsj.
Pekerja menonton siaran televisi di kawasan Cikapundung Electronic Center, Bandung, Jawa Barat, Jumat (4/11/2022).

TV analog di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek), Bandung, Yogyakarta, Solo, Semarang, dan Batam sudah dimatikan. Kini giliran Jawa Timur, termasuk Surabaya.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan menyetop TV analog di Jawa Timur sebelum natal atau pada 20 Desember. “Pukul 24.00 WIB mati untuk wilayah Jawa Timur 1,” kata Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kominfo Usman Kansong kepada Katadata.co.id, Kamis (8/12).

Rincian daerah di Jawa Timur yang akan beralih dari TV analog ke TV digital atau Analog Switch Off (ASO) pada 20 Desember, di antaranya:

  1. Kabupaten Pasuruan
  2. Kabupaten Sidoarjo
  3. Kabupaten Mojokerto
  4. Kabupaten Jombang
  5. Kabupaten Lamongan
  6. Kabupaten Gresik
  7. Kabupaten Bangkalan
  8. Kota Pasuruan
  9. Kota Mojokerto
  10. Kota Surabaya

Usman menjelaskan, TV analog di Jawa Timur akan dimatikan pada 20 Desember karena pendistribusian set top box untuk keluarga kurang mampu mencapai 100%.

Ia juga menyampaikan bahwa penetapan tanggal tersebut sudah didiskusikan dengan lembaga penyiaran. “Kominfo menyambut baik kesepakatan lembaga penyiaran menghentikan siaran TV analog pada 20 Desember," ujarnya.

Gabungan Pengusaha Elektronika (Gabel) atau asosiasi vendor set top box dan TV digital juga disebut menjamin ketersediaan perangkat dengan harga terjangkau.

Langkah penyetopan TV analog di Jawa Timur juga didukung oleh Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). Ketua KPI Pusat Agung Suprio mengimbau masyarakat menggunakan set top box.

"Ini supaya kualitas suara dan gambarnya lebih jernih dan bersih," tambah dia.

Reporter: Lenny Septiani
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait