Fitur Baru Instagram 2023: Mode Tenang hingga Kata Tersembunyi

Instagram meluncurkan fitur baru tahun ini, seperti mode senyap yang memungkinkan algoritme membalaskan pesan pengguna yang ingin beristirahat.
Lenny Septiani
20 Januari 2023, 11:40
instagram, fitur instagram
Katadata
Ilustrasi memperbarui aplikasi IG untuk dapat fitur baru Instagram Notes

Instagram meluncurkan fitur baru pada 2023. Tiga di antaranya yakni quite mode atau mode senyap, kata tersembunyi, dan seleksi konten.

“Itu untuk membantu pengguna untuk berfokus dan mendorong mereka menetapkan batasan dengan temen dan pengikut (followers),” kata induk Instagram, Meta dalam laman resmi, Kamis (19/1).

Rincian fitur baru Instagram yang hadir pada 2023, di antaranya:

1. Mode senyap

Hal-hal yang terjadi ketika mode senyap diaktifkan yakni:

  • Pengguna tidak akan menerima notifikasi apapun
  • Status aktivitas profil pengguna akan berubah yang menunjukkan mode senyap, guna memberitahu pengguna lain yang ingin mengirim pesan
  • Jika seseorang mengirim Direct Message (DM), Instagram akan mengirimkan balasan otomatis yang memberi tahu pengirim bahwa ‘mode senyap’ diaktifkan
  • Saat fitur dinon-aktifkan, Instagram akan menampilkan ringkasan pemberitahuan singkat, sehingga pengguna dapat mengetahui apa yang dilewatkan

Induk Instagram mengatakan, fitur baru itu berdasarkan keinginan para remaja yang memberi tahu perusahaan bahwa terkadang mereka ingin meluangkan waktu untuk diri sendiri.

Selain itu, remaja ingin mencari lebih banyak cara untuk berfokus istirahat pada malam hari, saat belajar, dan selama sekolah.

Mode senyap itu baru tersedia di Amerika Serikat (AS), Inggris Raya, Irlandia, Kanada, Australia, dan Selandia Baru.

2. Kata tersembunyi di rekomendasi

Fitur hidden words atau kata tersembunyi ini terkait konten rekomendasi. Fitur ini sebenarnya sudah ada di DM.

Namun perusahaan meluncurkan pembaruan fitur, sehingga memungkinkan pengguna menentukan kata-kata tersembunyi yang akan diterapkan di bagian ‘rekomendasi’. Dengan begitu, gambar atau video yang menggunakan beberapa kata tersembunyi yang telah pengguna tentukan, tidak akan muncul lagi di rekomendasi.

3. Konten yang tidak diinginkan

Fitur multi-select memungkinkan pengguna mengatur konten yang tidak ingin dilihat di Instagram. “Kami akan berusaha untuk tidak menampilkan konten semacam ini di masa mendatang, seperti di reels, penelusuran, dan lainnya,” kata Meta.

Cara mengaktifkan fitur multi-select yakni:

  • Menekan lama video atau gambar yang tidak diinginkan di Explore
  • Akan muncul pilihan
  • Pilih tidak tertarik
  • Algoritme Instagram akan menghilangkan konten sejenis agar tidak muncul di Explore

Reporter: Lenny Septiani
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait