eFishery, Ruangguru, Sociolla Dikabarkan Segera Jadi Unicorn Baru RI

Lenny Septiani
6 Maret 2023, 13:46
efishery, ruangguru, unicorn, Sociolla
Sociolla
Gerai Sociolla

eFishery, Ruangguru, dan Sociolla dikabarkan segera menjadi unicorn baru Indonesia. Kabar ini berhembus ini ketika pendanaan ke startup seret.

Tahun lalu, Indonesia hanya mendapatkan dua unicorn baru yakni DANA dan Ajaib. Keduanya bergerak di sektor teknologi finansial (fintech).

Namun setidaknya ada empat startup yang disebut-sebut berpeluang segera unicorn. Mereka di antaranya:

1. eFishery

Startup perikanan eFishery dikabarkan meraih investasi dan segera menjadi unicorn. Unicorn merupakan sebutan bagi startup dengan valuasi di atas US$ 1 miliar. 

DealStreetAsia melaporkan, eFishery mendapatkan investasi baru US$ 150 juta atau sekitar Rp 2,29 triliun dari Khazanah Nasional Berhad, dana kekayaan kedaulatan Pemerintah Malaysia.

Namun Co-Founder sekaligus CEO eFishery Gibran Huzaifah enggan berkomentar mengenai kabar tersebut.

Sebelumnya, Bank OCBC NISP menyalurkan pinjaman bilateral Rp 250 miliar kepada eFishery. Dana ini akan digunakan untuk mendorong ekspor produk perikanan dan kelautan dalam negeri. 

Dana segar itu juga bakal dipakai untuk membiayai kebutuhan modal kerja dalam mendukung pertumbuhan penjualan dalam negeri.

eFishery membangun ekosistem yang memungkinkan para pembudidaya ikan dan udang meningkatkan produktivitas, sekaligus menciptakan lingkungan yang lebih berkelanjutan.

“Dengan adanya penyaluran pembiayaan dana dari Bank OCBC NISP, kami semakin optimistis untuk terus bertumbuh kembang bersama membangun ekosistem akuakultur dan berkontribusi secara signifikan dalam ketahanan pangan nasional,” ujar Gibran dalam keterangan pers, Rabu (8/2).

Perusahaan rintisan itu juga sedang mempersiapkan ekspansi bisnis ke India dan Vietnam.

“Masih pilot, tapi tahun ini bakal komersial,” ujar Gibran kepada Katadata.co.id di sela-sela acara Indonesia PE-VC Summit 2023 yang digelar oleh DealStreetAsia di Hotel Langham, Jakarta, pada Januari (12/1).

Pasar India dan Vietnam dinilai besar. “Fokus kami ekspansi pasar, tetapi memang fokusnya masih di Indonesia,” tambah dia. 

Pada Januari 2022, ia mengungkapkan rencana eFishery menyasar Thailand, India, dan Cina. Perusahaan mengejar target ekspansi ke ASEAN lebih cepat, sementara India dan Cina masuk dalam perencanaan lima tahun.

Saat itu ia juga menyampaikan bahwa eFishery akan berfokus memperbesar bisnis, baru mencatatkan saham perdana alias initial public offering (IPO).

Halaman:
Reporter: Lenny Septiani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...