Cara Membatalkan Pesanan di Lazada yang Penting untuk Diketahui
Keuntungan ketika membeli barang secara online salah satunya bisa membatalkan pesanan apabila berubah pikiran. Kebijakan membatalkan pesanan juga diberikan oleh Lazada. Cara membatalkan pesanan di Lazada tidak sulit, namun ada beberapa syarat yang harus dipenuhi.
Syarat Membatalkan Pesanan di Lazada
Sebelum memutuskan untuk membatalkan pesanan di Lazada, alangkah baiknya Anda memahami terlebih dahulu syarat atau kebijakan pembatalan pesanan yang ditetapkan lazada. Mengutip dari laman lazada.co.id, berikut ini beberapa kebijakan pembatalan pesanan di Lazada.
- Pembatalan tidak bisa dilakukan jika;
- Produk yang dipesan merupakan koleksi LazGlobal atau produk digital.
- Produk telah diproses di gudang.
- Produ sudah diproses oleh pihak supplier.
- Produk sedang dalam proses pengiriman.
- Total pesanan setelah satu atau beberapa item dibatalkan tetap memenuhi syarat penggunaan voucher, diskon, atau promo lain. Apabila tidak memenuhi, maka semua pesanan akan dibatalkan.
- Voucher, diskon, dan promo lain yang digunakan pada pesanan yang dibatalkan tidak bisa diaktifkan atau digunakan kembali. Untuk item yang menggunakan store credit, Anda bisa menghubungi layanan konsumen Lazada untuk meminta kode voucher store credit yang baru.
- Jika pembayaran dilakukan menggunakan kartu kredit, klikpay, atau cicilan maka limit Anda akan kembali dalam waktu 7 -14 hari kerja.
- Jika pembayaran menggunakan transfer bank, waktu refund yang dibutuhkan sekitar 2 – 5 hari kerja dihitung setelah Lazada memproses ke pihak bank.
- Pesanan yang sudah dibatalkan tidak bisa diaktifkan lagi.
- Harga bisa berubah kapan saja tanpa pemberitahuan. Harga yang berlaku merupakan harga yang ada saat pemesanan baru dilakukan.
Cara Membatalkan Pesanan di Lazada
Setelah mengetahui syarat dan ketentuan yang berlaku di Lazada, kini Anda bisa mulai melakukan pembatalan pemesanan. Masih mengutip dari laman resmi Lazada, berikut cara membatalkan pesanan di Lazada dengan mudah.
- Buka aplikasi Lazada lalu masuk menggunakan akun yang Anda miliki.
- Klik “Akun” lalu buka opsi “Lihat Semua” yang ada di menu “Pesanan Saya”.
- Pilih nomor pesanan yang akan dibatalkan, lalu klik “Batal” di nomor pesanan tersebut.
- Kemudian isi data yang dibutuhkan seperti: produk yang akan dibatalkan dan alasan pembatalan pesanan. Pada tahap ini, pastikan Anda membaca kembali kebijakan pembatalan pesanan di Lazada.
- Lalu klik “Daftar/ Submit”.
- Terakhir, Anda bisa memilih jenis pengembalian yang diinginkan (kecuali untuk ketode COD).
Cara Membatalkan Pesanan COD
Bagi Anda yang menggunakan cara belanja di Lazada COD dan ingin membatalkan pesanan, ada dua cara yang bisa dilakukan. Pertama, pembatalan saat barang belum diproses. Kedua, pembatalan saat barang sudah sampai.
Bagaimana langkah-langkahnya? Berikut cara membatalkan pesanan di Lazada yang belum di bayar (COD).
Membatalkan pesanan COD yang belum di proses
- Buka aplikasi Lazada.
- Kemudian masuk ke menu “Akun”.
- Lalu pilih menu “Pesanan Saya” kemudian klik opsi “Dalam Proses”.
- Berikutnya pilih pesan COD yang akan dibatalkan.
- Selanjutnya klik “Batal” yang ada di kanan bawah.
- Jangan lupa memilih alasan pembatalan, lalu klik “Pilih”.
- Terakhir, klik “Kirimkan”, dan pesanan COD Anda akan otomatis dibatalkan.
Membatalkan pesanan COD yang sudah sampai
ketika pesanan COD sudah terlanjur dikirimkan, Anda tidak bisa melakukan pembatalan. Namun saat pesanan sampai, Anda bisa menolak pesanan.
Pada saat itu, kurisi akan memberikan nota resi yang harus Anda ditandatangani. Anda juga diminta untuk menuliskan alasan pembatalan. Setelah itu, pesanan COD akan dibatalkan secara otomatis oleh sistem Lazada.
Cara Membatalkan Pesanan di Lazada yang Sudah Dikemas
Sebagaimana yang telah dijelaskan pada ketentuan membatalkan pesanan di Lazada, ketika pesanan sudah dalam proses penjual maka tidak dapat dibatalkan. Meskipun demikian, Anda bisa mencoba menghubungi pihak penjual apabila pesanan yang sudah dikemas akan dibatalkan.
Alternatif lain yang bisa dilakukan yaitu dengan mengembalikan barang setelah produk tersebut datang. Menurut penjelasan di lazada.co.id, pengembalikan barang harus sesuai dengan prosedur. Barang yang akan dikembalikan belum pernah dibuka semenjak paket tersebut datang.
Sementara itu, pengembalian dana akan diproses setelah produk diterima dan lolos pengecekan gudang Lazada dan seller.
Untuk lebih mudahnya, ketika pesanan Anda masih terdapat tulisan “batal”, maka Anda bisa membatalkan pesanan tersebut melalui aplikasi. Namun yang perlu diketahui bahwa tidak semua jenis produk memiliki fitur tersebut. Sebab ada beberapa jenis barang yang tidak bisa dibatalkan.
Cara Mengetahui Permintaan Pembatalan Disetujui
Menurut penjelasan di lazada.co.id, untuk mengetahui permintaan pembatalan telah disetujui, berikut ini caranya.
- Buka aplikasi Lazada lalu login ke akun Anda.
- Buka bagian “Pesanan Saya”.
- Jika pesanan Anda diinformasikan “telah dibatalkan”, maka artinya pesanan tersebut berhasil dibatalkan.
- Apabila setelah 60 menit pesanan belum dibatalkan, berarti kemungkinan pesanan telah masuk ke proses pengiriman dan tidak bisa dibatalkan. Jika demikian, Anda bisa menghubungi customer service.