Ramai Fans JKT48 di Shopee Live Erigo, Omzet Rp5 Miliar Hanya 10 Menit
Erigo mencatat rekor penjualan senilai Rp5 miliar saat sesi live streaming Shopee Live bersama figur publik, Raffi Ahmad dan Zee JKT48. Nilai omzet tersebut diraih dalam waktu kurang dari 10 menit.
Raffi pun menyampaikan kabar itu melalui akun Instagram-nya @raffinagita1717 pada Jumat (18/8), dengan caption “TOP MANTAP IS THE BEST 5 Milyar cuman ga sampe 10 menit bersama @erigostore/@shopee_id Alhamdulillah <3.” Melalui unggahan video tersebut, tampak pemilik brand Erigo, Muhammad Sadad.
Penjualan produk limited edition Erigo x JKT Zee berhasil terjual lebih dari 33.000. Ragam produk Erigo seperti hoodie, kemeja, dan kaus dengan berbagai style disajikan untuk memenuhi preferensi konsumen. Dalam sesi live streaming Shopee Live, Erigo memberikan promo spesial diskon 50 persen.
Erigo sendiri merupakan brand fesyen lokal yang didirikan tahun 2013. Awalnya, bisnis ini dimulai di studio apartemen milik Sadad di bilangan Kota Depok, Jawa Barat. Sebelumnya, produk Erigo mengusung tema batik dan ikat.
Tetapi, melihat tren fesyen yang bergerak cepat dan persaingan yang kuat, satu tahun kemudian Erigo merombak brand identity-nya dengan mengusung tema casual fashion. Strategi ini membawa Erigo dikenal secara lebih luas.
Sejak bergabung bersama Shopee, Erigo acapkali mencetak kinerja yang luar biasa. Sebelumnya, Erigo pernah berkolaborasi bersama Shopee dalam ajang New York Fashion Week tahun 2021.
Erigo juga selalu berpartisipasi dalam setiap kampanye tanggal kembar yang digelar oleh Shopee, dan kerap berhasil menjadi brand favorit pada berbagai kampanye tahunan Shopee. Tahun 2020 menjadi titik awal Erigo memasuki pasar global. Bersama Program Ekspor Shopee, Erigo menembus pasar Malaysia, Singapura, Filipina, dan Thailand.
Sejak awal mulai berjualan di Shopee, Erigo merasakan berbagai inovasi dari Shopee yang mampu memaksimalkan potensi penjual lokal. Rangkaian promo menarik, kampanye tematik, serta fitur-fitur interaktif seperti Shopee Live selalu dihadirkan oleh Shopee.
Berbagai inisiatif yang Erigo lakukan bersama Shopee membuat nama Erigo dikenal dekat oleh masyarakat. Hal ini terbukti salah satunya dari pencapaian penjualan saat live streaming Shopee Live. Melihat popularitas live shopping sebagai media untuk berbelanja, Erigo pun kian fokus mengembangkan strateginya pada ranah Shopee Live.
Strategi ini didukung laporan teranyar Populix bertema Understanding Live Streaming Shopping Ecosystem in Indonesia. Laporan tersebut menilik perilaku konsumen dalam berbelanja online, khususnya dalam hal penggunaan fitur live streaming. Terlihat bahwa Shopee Live merupakan platform live streaming yang paling sering digunakan untuk berbelanja online.
Sebanyak 69 persen responden memilih Shopee Live sebagai fitur live streaming yang paling sering digunakan, melampaui TikTok Live pada angka 25 persen. Shopee Live juga menjadi fitur live streaming yang paling diingat oleh masyarakat Indonesia (60 persen). Sementara, TikTok Live mendapatkan 30 persen suara.
Data Populix juga menunjukkan bahwa Shopee Live menjadi fitur live streaming yang paling sering dipakai untuk membeli barang-barang kategori fesyen. Sebanyak 79 persen responden memilih Shopee Live, disusul oleh TikTok Live (44 persen).
Data juga memaparkan bahwa Shopee Live menduduki posisi pertama pada indikator merk atau fitur live streaming yang paling disukai. Shopee Live menjadi pilihan utama responden (66 persen), sementara TikTok Live belum bisa mengejar ketertinggalannya pada angka 28 persen.
Dengan Shopee Live yang menduduki peringkat pertama pada sebagian besar indikator persaingan fitur live streaming, Erigo pun terus berkolaborasi dengan selebriti papan atas. Ke depan, Erigo akan terus berinovasi dan berkolaborasi untuk menghadirkan produk dan promo menarik bagi para konsumen setianya.