Jualan via Shopee Live, Eiger Pecahkan Rekor Omzet 16 Kali Lipat

Shabrina Paramacitra
Oleh Shabrina Paramacitra - Tim Publikasi Katadata
23 Agustus 2023, 12:00
Eiger meraup omzet 16 kali lipat lebih tinggi dari biasanya saat berinteraksi dengan konsumen via Shopee Live.
Facebook Eiger

Eiger baru-baru ini memecahkan rekor dengan mendapatkan omzet 16 kali lipat dari biasanya saat menggelar live streaming interaktif via Shopee Live. Jenama busana dan perlengkapan kegiatan luar ruang asal Bandung, Jawa Barat, itu meraup untung besar pada puncak kampanye Shopee 8.8 Grand Beauty & Fashion Festival.

Sejak bergabung dengan Shopee pada 2017, Eiger selalu memanfaatkan berbagai fitur Shopee, termasuk Shopee Live. Menyajikan fitur yang memungkinkan pembeli dan penjual berinteraksi secara real-time, Shopee Live membantu meningkatkan pendapatan Eiger secara signifikan tahun ini.

Tangkapan layar sesi live streaming Eiger via Shopee Live pada puncak kampanye Shopee 8.8 Grand Beauty & Fashion Festival.
Tangkapan layar sesi live streaming Eiger via Shopee Live pada puncak kampanye Shopee 8.8 Grand Beauty & Fashion Festival. (Dok. Istimewa)

Keunggulan Shopee Live dibanding platform live shopping lain diakui oleh Digital Business Manager Eiger, Oscar Siregar. Dengan menggunakan fitur tersebut, Eiger bisa membangun kedekatan dengan konsumen dan meningkatkan penjualan. "Hasilnya sangat memuaskan," katanya dalam keterangan tertulis, dikutip Rabu (23/8).

Oscar mengungkapkan, omzet yang diraih Eiger pada kampanye 8.8 Grand Beauty & Fashion Festival merupakan pencapaian baru selama Eiger bergabung dengan Shopee. "Bahkan, sangat signifikan dibandingkan dengan di platform lain," imbuhnya.

Digital Business Manager Eiger Oscar Siregar
Digital Business Manager Eiger Oscar Siregar (Facebook Oscar Siregar)

Fitur live shopping yang memungkinkan terjadinya komunikasi efektif antara penjual dan pembeli membuat pengalaman berbelanja masyarakat makin menyenangkan. Pada fitur Shopee Live, penjual bisa menjawab secara langsung kebutuhan informasi pembeli ketika sedang memilih barang.

Hal ini didukung hasil survei Populix pada Mei 2023. Survei tersebut menunjukkan Shopee Live menjadi fitur live streaming yang paling sering digunakan masyarakat Indonesia (69 persen). Platform live shopping lainnya menyusul pada posisi bawah, yakni TikTok Live (25 persen), Tokopedia Play (4 persen), dan LazLive (2 persen).

Riset tersebut juga mengungkap bahwa 60 persen responden menyebut Shopee Live sebagai top of mind brand, alias merek yang pertama kali muncul pada benak ketika berbicara soal live streaming shopping di Indonesia. Capaian tersebut jauh melampaui pesaingnya, seperti TikTok Live (30 persen), LazLive (4 persen), dan Tokopedia Play (2 persen).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...