Bidik Eropa, Alibaba Gaet David Beckham dan Bintang Basket Tony Parker

Lenny Septiani
11 Juli 2024, 11:30
Alibaba, eropa, david beckham, Tony Parker
Alibaba
Alibaba menggandeng Tony Parker
Button AI Summarize

Raksasa e-commerce Cina Alibaba menggaet bintang basket Prancis - Amerika Tony Parker sebagai duta merek menjelang Olimpiade Paris. Ini sebagai bagian dari upaya perusahaan ekspansi bisnis business to business alias B2B ke pasar Eropa.

Komite Olimpiade Internasional dan Kantor Pariwisata Paris memperkirakan, pagelaran olahraga selama 26 Juli – 11 Agustus ini akan menarik sekitar 10.500 atlet dan 2,3 juta hingga 3,1 juta pengunjung.

Untuk menarik lebih banyak pengguna Eropa, Alibaba merencanakan kampanye penjualan khusus yang mencakup lebih dari 15 ribu pedagang dan satu juta lebih produk menjelang Olimpiade.

Kemitraan Alibaba dengan Tony Parker terjadi beberapa minggu setelah lini bisnis Alibaba lain yakni AliExpress, mengumumkan telah mengontrak bintang sepak bola Inggris David Beckham sebagai duta merek global.

Berdasarkan kemitraan satu tahun itu, David Beckham akan muncul dalam serangkaian kampanye promosi, dimulai dengan iklan televisi selama Kejuaraan Sepak Bola Eropa selama sebulan, yang berakhir pada 14 Juli.

“Tony Parker dapat menggunakan pengalaman yang terbukti untuk menarik lebih banyak wirausahawan dan startup luar negeri untuk membeli dari Alibaba.com,” kata Alibaba dalam unggahan di WeChat, dikutip dari South China Morning Post, Rabu (10/7).

Alibaba menyebut Tony Parker sebagai pemain basket sukses yang beralih menjadi wirausahawan.

“Ditambah lagi dengan maraknya olahraga selama Olimpiade, kemitraan ini akan memberikan peluang besar bagi usaha kecil dan menengah di Tiongkok untuk berekspansi ke pasar luar negeri,” kata Alibaba.

Iklan yang menampilkan pemenang kejuaraan NBA empat kali itu akan muncul di bandara, stasiun kereta, metro di ibu kota Prancis, srta di Champs-Elysees yang terkenal.

Langkah itu mencerminkan upaya Alibaba untuk mengembangkan bisnis internasional di tengah lesunya permintaan di dalam negeri. Eropa menjadi salah satu target utama Alibaba.

Raksasa e-commerce Cina itu sudah menawarkan layanan pengiriman belanja online selama lima hari di Jerman, Prancis, dan Portugal. Sebelumnya menyediakan layanan di Amerika, Meksiko, dan Arab Saudi.



Reporter: Lenny Septiani

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...