Harbolnas Diramal Rp 40 Triliun, Ini Daftar Produk Terlaris di Shopee saat 12.12

Desy Setyowati
16 Desember 2024, 08:10
Shopee 12.12, harbolnas,
Shutterstock/ Sulastri Sulastri
Aplikasi Shopee
Button AI SummarizeMembuat ringkasan dengan AI

Kementerian Perdagangan atau Kemendag memperkirakan transaksi selama Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas selama 10 – 16 Desember mencapai Rp 40 triliun. Berikut daftar produk terlaris di Shopee selama 12.12.

Senior Director of Marketing Growth Shopee Indonesia Monica Vionna menyebutkan penjualan merek lokal dan UMKM pada puncak puncak kampanye Shopee 12.12 Birthday Sale 12 Desember meningkat hingga tujuh kali lipat dibandingkan hari biasa.

Ia pun mengungkapkan daftar produk UMKM terlaris selama pesta diskon 12.12 di Shopee, di antaranya:

  • Atasan dan Tas wanita: peningkatan pesanan hingga tujuh kali lipat, terutama cardigan, kemeja, dan tas selempang
  • Kosmetik Wajah serta Parfum dan Wewangian: peningkatan pesanan hingga 11 kali lipat, terutama bedak wajah, lipstik, dan eau de parfum
  • Kebersihan dan Binatu peningkatan pesanan hingga 18 kali lipat, terutama sabun cuci piring, pewangi pakaian, dan detergen

Shopee juga mencatatkan peningkatan transaksi Shopee Live lebih dari 9 kali lipat untuk brand lokal dan UMKM. Selain itu, jumlah klik pada link atau tautan rekomendasi produk dari Shopee Affiliate meningkat kali lipat pada puncak kampanye dibandingkan dengan tahun lalu.

Transaksi Harbolnas Diperkirakan Rp 40 Triliun

Menteri Perdagangan Budi Santoso optimistis nilai transaksi pada Harbolnas 2024 selama 10 – 16 Desember mencapai Rp 40 triliun atau meningkat 13% - 16% dibandingkan tahun lalu.

“Tahun lalu nilai transaksinya Rp 25,7 triliun,” kata Budi saat menghadiri konferensi pers bertajuk ‘Kilas Balik Tren Belanja Online dan Dampak Kolaborasi Tokopedia dan Shop Tokopedia’ di Tokopedia Tower, Jakarta, pada Kamis (12/12).

Ia menyebutkan transaksi produk lokal berkontribusi Rp 12,3 triliun atau 48,1% dari total nilai transaksi Harbolnas 2023. Budi berharap porsinya bertambah menjadi di atas 50% tahun ini.

Harbolnas pertama kali digelar pada 2012. Acara ini berkembang menjadi kampanye belanja online terbesar dengan berbagai penawaran, seperti diskon, uang kembali atau cashback, dan gratis ongkir.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...