Twitter Ungkap 4 Tren Pembicaraan Terpopuler Selama Ramadan
Twitter Indonesia mengungkapkan empat tren terpopuler yang kerap diperbincangkan masyarakat Indonesia selama ramadan tahun lalu. Keempat tema tersebut, di antaranya yakni gaming, hiburan, olahraga, dan lingkungan.
Adapun tren tersebut diperkirakan masih akan bertahan pada ramadan tahun ini. "Empat pilar tersebut merupakan analisis Twitter yang selalu ada saat ramadan dan always on. Kami perkirakan di tahun ini, orang masih banyak membicarakannya," kata Country Industry Head Twitter Indonesia Dwi Adriansah di Jakarta pada Rabu (19/2).
Percakapakan tema gaming pada ramadan tahun lalu menurutnya meningkat 73% dibandingkan tahun sebelumnya. Adapun pengguna gim mempunyai keterikatan saat ramadan di Twitter yang erat.
(Baca: Twitter Tak Otomatis Hapus Video Berbahaya Skull-Breaker Challenge)
Terlebih industri gim dalam negeri menurutnya tengah berkembang, ditambah dengan banyaknya kompetisi esport yang juga ramai dibicarakan di Twitter.
Meski demikian, tema ini biasanya ramai dibicarakan pada awal ramadhan. Sedangkan di akhir ramadhan, pengguna Twitter Indonesia cenderung lebih ramai berbincang soal mudik atau lebaran.
Berikutnya, mengenai tema entertainment yang mana pada ramadan lalu mengalami peningkatan 25% dibandingkan ramadan tahun sebelumnya.
Ketiga terkait olahraga, dengan mayoritas pembicaraan tentang sepakbola. Menurut Dwi, tidak hanya saat ramadan, olahraga bahkan menjadi percapakapan dominan bagi pengguna Twitter Indonesia.
Media sosial ini mengklaim 75% penggemar olahraga ada di Twitter. Apalagi saat ramadhan berbagai acara olahraga terutama sepakbola menjadi hiburan tersendiri.
Tahun lalu, final liga champions saat ramadhan yang memenangkan klub sepakbola asal Inggris Liverpool menjadi percapakan paling populer di Twitter. Tagar #YNWA atau slogan Liverpool dicuit 83 ribu pengguna Twitter dan menjadi tren.
Tema terakhir, yaitu mengenai lingkungan. Selama ramadhan banyak tokoh maupun instansi yang membawa tema lingkungan di setiap cuitannya.
"Ini unik karena sekarang banyak yang bicarakan kembali dan peduli soal lingkungan hidup, baik di negara berkembang dan negara maju termasuk juga di Indonesia," kata dia.
(Baca: Akun Resmi IOC dan FC Barcelona di Twitter Diretas OurMine)
Adanya riset mengenai keempat tema tadi, menurut dia bisa menjadi acuan kalangan pebisnis yang menggunakan Twitter sebagai sarana promosi.
Di Indonesia, jumlah pengguna harian Twitter diklaim tumbuh signifikan. Pada 2019, pertumbuhan pengguna harian Twitter di Indonesia disebut mencapai 3,5 kali lipat dibanding pertumbuhan pengguna harian secara global. Sedangkan secara global, pengguna harian Twitter 2019 tumbuh 25% dibanding tahun sebelumnya.
Dwi mengatakan, pertumbuhan Twitter di Indonesia tahun lalu itu merupakan yang terbesae dibanding negara lain secara global. Penrtumbuhan pengguna harian tersebut terjadi sejak 2017.
Pesatnya peningkatan pengguna Twitter dikarenakan adanya ketertarikan topik percakapan yang sama antar sesama pengguna. Bahkan sesama pengguna bisa berdebat ringan di Twitter,
Namun demikian, Twitter juga harus berinovasi dan melakuka penyesuaian di produknya, mulai dari adanya fitur topics, live twitter, penambahan jumlah karakter tweet, termasuk pusat bantuan.
"Ini untuk memastikan pengguna bisa minta bantuan ke Twitter. Kami identifikasi agar percapakapan terjadi dan diskusi berlangsung secara sehat," ujar Dwi.