Jangan Buru-Buru, Ini Cara Memulai Bisnis Online

Image title
10 Agustus 2021, 11:30
Ilustrasi memulai bisnis online.
ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas/rwa.
Ilustrasi memulai bisnis online.

Internet telah menjadi primadona untuk setiap jenis bidang usaha. Pemanfaatan internet juga dilakukan oleh mereka yang ingin memulai bisnis namun terhalang beberapa kendala seperti kurangnya dana, lahan, dan sebagainya. Beberapa dari mereka pun akhirnya memilih menggunakan internet sebagai tempat berbisnis.

Bisnis berbasis online memang memiliki beberapa kelebihan, seperti tidak terikat ruang maupun waktu sehingga bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. selain itu, jangkauan pasar juga menjadi lebih luas, dan hubungan dengan konsumen bisa menjadi lebih intens.

Advertisement

Namun memulai bisnis online tidak bisa dilakukan sembarang, melainkan harus dengan kehati-hatian dan kecermatan. Pasalnya, kompetitor dalam dunia bisnis online tak terhitung jumlahnya. Lalu, apa saja yang harus dipersiapkan sebelum memulai bisnis online?

1. Identifikasi kebutuhan pasar

Tak sedikit usaha yang gulung tikar lantaran mengabaikan kebutuhan pasar. Pasalnya, setiap usaha pasti memilki konsumen. Apabila produk dan layanan yang ditawarkan tidak mampu menyelesaikan masalah konsumen, kemungkinan besar produk atau jasa tersebut akan ditinggalkan.

Sama halnya dengan bisnis online, apa pun produk dan jasa yang Anda tawarkan harus mampu menyelesaikan masalah dari konsumen. Untuk mengetahui masalah tersebut diperlukan suatu riset lapangan. Ada lebih dari ribuan masalah yang dihadapai konsumen, namun Anda bisa mencoba dengan mengidentifikasi masalah apa yang lebih sering dan benar-benar di hadapi oleh banyak orang.

Cobalah untuk tidak terlalu mengedepankan asumsi pribadi. Untuk melengkapai data identifikasi masalah pasar tersebut, Anda juga bisa meminta pendapat dari beberapa forum atau bahkan berkomunikasi secara langsung dengan orang yang menghadapi masalah tersebut.

Setelah menemukan beberapa masalah, coba saring mana saja masalah yang kemungkinan muncul untuk dijadikan bisnis, dalam hal ini bisnis online.

2. Lakukan Riset Pasar

Setelah menemukan suatu masalah yang potensial untuk dijadikan ladang bisnis online, selanjutnya lakukan riset lebih mendalam terkait masalah tersebut. Temukan data-data akurat yang bisa dijadikan bahan pertimbangan baik sebelum maupun ketika menjalankan bisnis online.

Anda juga bisa melakukan riset keyword di Google maupun media sosial. Melakukan riset di media sosial bisa membantu Anda lebih dekat dengan orang-orang yang mungkin mengalami masalah tersebut, atau barangkali melihat review dari produk atau layanan serupa yang pernah mereka coba.

3. Analisis Pesaing

Setelah bertemu dan berkomunikasi langsung dengan orang-orang yang mengalami masalah berpotensi bisnis online tadi, hal selanjutnya bisa Anda lakukan adalah melakukan analisis produk atau layanan dari kompetitor.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement