Dapat Suntikan Dana Rp 143 Miliar, Ini Rencana Ekspansi Startup Cakap

Syahrizal Sidik
25 April 2022, 19:18
Aplikasi Cakap
Cakap
Aplikasi Cakap

Perusahaan rintisan pendidikan, Cakap mendapatkan suntikan dana senilai US$ 10 juta atau sekitar Rp 143 miliar dengan asumsi kurs Rp 14.300 dari pendanaan seri B pada kuartal keempat tahun lalu.

Pendanaan tersebut dipimpin oleh Centauri dari MDI-KB & Heritas Capital pada kuartal empat 2021, disusul pendanaan Indonesia Impact Fund yang dikelola oleh Mandiri Capital Indonesia.

Advertisement

Rencananya, suntikan dana itu akan digunakan oleh Cakap untuk  meningkatkan kapasitas teknologi dari sisi learning experience, dan memperluas akses pendidikan ke daerah 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar).

Co-Founder dan CEO Cakap Tomy Yunus mengatakan, Cakap adalah perusahaan edutech terbesar di Indonesia dengan pertumbuhan bisnis 300% (YoY) pada tahun 2021. Saat ini cakap sudah diunduh oleh lebih dari 1,5 juta pengguna (siswa) atau mengalami peningkatan sebanyak lima kali lipat dari tahun sebelumnya.

Sampai saat ini, Cakap telah menjangkau 95 kota di 34 provinsi Indonesia, termasuk daerah terluar seperti Sabang, Sumba, dan Halmahera. Menurutnya, pertumbuhan Cakap dalam beberapa tahun terakhir didukung oleh berbagai faktor, salah satunya adalah melihat kebutuhan akan pembelajaran jarak jauh yang semakin tinggi.

"Memasuki tahun 2022, kami semakin optimis bahwa industri edtech semakin diminati oleh masyarakat melalui fleksibilitas pengalaman belajar, sumber yang berkualitas, dan akses yang mudah," kata Tomy Yunus, di Jakarta, Senin (25/4).

CEO Cakap Tomy Yunus dan CEO Mandiri Capital Indonesia Eddi Danusaputro
CEO Cakap Tomy Yunus dan CEO Mandiri Capital Indonesia Eddi Danusaputro (Cakap)

 

Yunus menambahkan, pendidikan di Indonesia akan selalu menjadi salah satu target utama dalam pembangunan mengingat 20% APBN didistribusikan pada sektor ini. Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menyiapkan anggaran pendidikan sebesar Rp541,7 triliun untuk peningkatan produktivitas dan kualitas sumber daya manusia (SDM).

Tujuan ini diinisiasi melalui berbagai program salah satunya adalah pelatihan vokasi. Hal ini sangat selaras dengan salah satu visi dan misi Cakap sebagai solusi pembelajaran untuk memberikan akses pendidikan berkualitas demi meningkatkan kompetensi SDM yang terampil dan siap kerja.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement