Ninja Xpress Rilis Layanan Kirim Paket Lintas Negara, Bantu Ekspor UKM
Startup logistik Ninja Xpress meluncurkan layanan Cross Border Delivery atau pengiriman paket Internasional. Layanan ini sebagai solusi untuk mendukung ekspor produk usaha kecil mikro atau UKM dari hulu ke hilir, mulai dari fasilitas bantuan pengurusan dokumen hingga pengiriman paket.
Chief Marketing Officer (CMO) Ninja Xpress Andi Djoewarsa menjelaskan layanan ini dihadirkan untuk mendukung peningkatan jumlah ekspor UKM serta mewujudkan daya saing produk UKM di kancah internasional.
“Ninja Xpress menghadirkan program Cross Border Delivery yang memberikan kemudahan untuk para pelaku UKM dalam pengiriman keluar negeri secara end to end, dari pengurusan dokumen sampai dengan penyediaan fasilitas COD (cash on delivery) lintas negara,” ujar Andi dalam keterangan pers, dikutip Senin (12/6).
Menurut data dari Kementerian Koperasi dan UKM, Nilai ekspor usaha menengah, kecil, dan mikro atau UMKM Indonesia pada 2019 meningkat 15,43% dibandingkan pada 2018. Hanya saja, meskipun tren peningkatan ekspor produk UKM terus berkembang, penyediaan jasa logistik yang memberikan fasilitas lengkap dalam mendukung proses ekspor lintas negara masih terbatas.
Titan Sabtian, Coach Ekspor Certified BNSP Sekolah Ekspor, mengatakan peluang bisnis di luar negeri, terutama di pasar ASEAN, masih sangat menjanjikan dengan permintaan yang tinggi dan peluang besar untuk menjadi pemasok. Sebagai pelaku usaha, penting untuk memahami peraturan, produk, dokumen, potensi pembeli, serta proses pengiriman.
Menyambut tantangan tersebut, beberapa program ditawarkan melalui Cross Border Delivery berupa penyediaan fasilitas bantuan pengurusan dokumen ekspor ketika mengirimkan paket dari Indonesia dan dokumen yang diperlukan ketika sampai ke negara tujuan.
Fasilitas pengurusan dokumen ekspor ini akan secara langsung didampingi oleh Account Management khusus yang bertugas dalam mendampingi proses ekspor.
Selain dapat mengirimkan produk tanpa harus mempersiapkan dokumen ekspor secara mandiri, UKM juga dapat melakukan tracking pengiriman barang. Dengan demikian, dapat memantau secara langsung barang sampai ke tujuan melalui website Ninja Xpress.
Ninja Xpress juga menyediakan layanan COD, yang merupakan fasilitas pendukung jasa pengiriman barang dan logistik dengan membayar pesanan secara tunai ketika pesanan tiba di tempat tujuan.
Andi Djoewarsa menambahkan, selain layanan Cross Border Delivery, perusahaan juga memberikan layanan Global Freight Forwarding. "Dengan layanan ini, UKM atau shipper Ninja Xpress dapat mengirimkan jumlah barang yang besar dengan biaya yang kompetitif," ujarnya.
Ninja Xpress juga menyediakan layanan Pre-Clearance untuk memastikan transportasi barang yang lancar dengan mengidentifikasi potensi kekurangan dokumen sebelumnya. Dengan demikian, hal itu memungkinkan klien untuk menyelesaikan dokumen impor sebelum memasuki Indonesia.
"Layanan ini tidak hanya menyederhanakan proses pengiriman, tetapi juga mengurangi biaya tambahan dan memaksimalkan efisiensi waktu," katanya.