Startup Kuliner Masif Sasar Luar Negeri, Fore Coffee Rambah Singapura

Lenny Septiani
1 September 2023, 16:16
Fore Coffee, startup kuliner, singapura
Fore Coffee
Fore Coffee rambah Sigapura

Startup kuliner Indonesia masif menyasar pasar luar negeri sejak tahun lalu. Kali ini Fore Coffee mengumumkan ekspansi bisnis ke Singapura.

Gerai Fore Coffee perdana di Singapura terletak di Bugis Junction. Toko pertama ini bakal meluncur pada 9 November.

“Campuran kopi unggulan diciptakan dengan pemahaman mendalam tentang selera eksklusif warga Singapura, mengubah lanskap kopi lokal melalui lensa Indonesia,” kata Co-Founder sekaligus CEO Fore Coffee Vico Lomar dalam keterangan pers, Jumat (1/9).

Vico menyatakan pasar kopi Singapura menawarkan peluang yang menarik bagi Fore Coffee.

Berdasarkan penelitian bersama Redseer pada Juni, pasar kopi Singapura diperkirakan tumbuh 5% per tahun menjadi US$ 1,3 miliar pada 2027. Rata-rata warga Singapura mengonsumsi enam sampai tujuh cangkir per minggu.

Fore Coffee optimistis terhadap kematangan pasar kopi di Singapura, dikombinasikan dengan kegemaran akan biji kopi Indonesia, terutama Arabika. “Dengan pemahaman preferensi lokal dan komitmen terhadap inovasi, kami siap berkembang dalam lanskap kopi Singapura,” ujar Vico.

Startup Kuliner Rambah Luar Negeri

Selain Fore Coffee, ada tiga startup kuliner Indonesia merambah pasar Malaysia, Singapura, dan Amerika Serikat (AS). Rinciannya sebagai berikut:

1. Dailybox

Dailybox membuka gerai di kawasan dining Supply Chain City, Jurong. Layanannya saat ini dapat dipesan melalui GrabFood Singapura.

Head of Product Dailybox Group Arcad Fadillah menyampaikan, perusahaan menyediakan beragam makanan Indonesia di negeri jiran itu. Dailybox Jurong di Singapura ini menawarkan lebih dari 20 menu makanan dan kudapan khas Nusantara.

“Bagi masyarakat Singapura yang suka sayur, kami memperkenalkan hidangan Pecel dengan bumbu kacang khas Jawa. Ada juga sajian Ayam Taliwang dari Lombok,” kata dia dalam keterangan pers, tahun lalu (21/10/2022).

CEO Dailybox Group Kelvin Subowo mengungkapkan bahwa salah satu alasan mereka berekspansi ke Singapura yakni meningkatnya ketergantungan masyarakat di Negeri Singa ini terhadap layanan pesan-antar makanan.

“Tahun lalu, sekitar 2,5 juta orang menggunakan layanan pengiriman makanan online di Singapura. Jumlahnya hampir setengah dari total populasi Singapura,” ujar Kelvin. “Pada 2025, segmen ini diperkirakan meningkat menjadi sekitar 3,6 juta pengguna.”

Berdasarkan survei yang diperoleh dari aplikasi Grab, konsumen di bagian barat Singapura menginginkan lebih banyak variasi makanan non-lokal. Daerah Jurong menjadi salah satu daerah padat penduduk.

“Sayangnya, daerah ini tidak memiliki merchant F&B yang bervariasi. Untuk menjawab kebutuhan konsumen, Dailybox akhirnya bergabung dan menjadi salah satu merchant F&B di kawasan Supply Chain City,” kata Kelvin.

Dailybox berdiri pada 2018. Startup kuliner ini memperoleh pendanaan Seri B yang dipimpin oleh Northstar Group dan Vertex Growth pada Juni 2022. Selain itu, didukung oleh Vertex Ventures Southeast Asia and India and Kinesys Group.

2. Kopi Kenangan

Unicorn Kopi Kenangan membuka gerai di Suria KLCC, Malaysia. Rencana ekspansi ke negara lain di Asia Tenggara sudah diumumkan startup kuliner ini sejak 2020.

Halaman:
Reporter: Lenny Septiani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...