1.500 Pertemuan Bisnis Digelar Startup dan Investor di Nexticorn 2023

Lenny Septiani
18 September 2023, 13:54
Chairman of the Nexticorn Foundation Rudiantara, Managing Partner of Impactto Italo Gani, dan Direktur Ekonomi Digital Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia I Nyoman Adhiarna.
Katadata/istimewa
Chairman of the Nexticorn Foundation Rudiantara, Managing Partner of Impactto Italo Gani, dan Direktur Ekonomi Digital Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia I Nyoman Adhiarna.

Lebih dari 1.500 pertemuan bisnis antara startup Indonesia dan investor terjadwal selama dua hari dalam acara HUB.ID Summit X Nexticorn 2023 di Bali, pada 15-16 September 2023.

Direktur Ekonomi Digital Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) I Nyoman Adhiarna mengatakan lanskap startup teknologi di Indonesia beberapa tahun terakhir mengalami perkembangan yang sangat pesat dan menarik.

“Indonesia telah memiliki ratusan startup dari berbagai macam sektor dari: e-commerce, fintech, edtech, healthtech, dan agritech. Selain itu, ada juga startup yang bergerak di bidang transportasi, perjalanan, kesehatan, logistik, Software as a Service (SaaS), dan lain-lain,” ujar Adhiarna, dikutip Senin (18/9).

HUB.ID Summit X Nexticorn 2023 merupakan konferensi internasional hasil kolaborasi Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dengan Nexticorn Foundation. Acara ini dihadiri 130 startup teknologi Indonesia dengan sekitar 130 investor dari seluruh dunia.

Kolaborasi ini diharapkan dapat menciptakan sinergi antara sektor publik dan swasta dalam mendukung ekosistem startup Indonesia.

Adapun, HUB.ID Summit X Nexticorn 2023 membahas kalibrasi ulang strategi industri teknologi, Artificial Intelligence (AI), dan Teknologi Masa Depan melalui sesi diskusi panel yang didukung oleh Privy, Victoria State Government Australia, Google, CloudMile, TVM Capital Healthcare, Living Lab Ventures, GOTO, Everywhere.id, dan AMVESINDO.

Acara ini juga menghubungkan startup Indonesia early stage hingga late stage dengan investor global melalui sesi business matchmaking.

Beberapa investor yang hadir di antaranya Accel, Gobi Partners, KKR, Peak XV, Insignia Ventures Partner, Northstar Ventures hingga B Capital Group. Sementara investor dalam negeri yang ikut seperti East Ventures, Mandiri Capital Indonesia, BNI Ventures hingga BRI Ventures.

Chairman Nexticorn Foundation Rudiantara menyampaikan Nexticorn berkomitmen untuk mendorong inovasi dan pertumbuhan berkelanjutan di sektor teknologi dan investasi di Indonesia dan Asia Tenggara.

Ia menegaskan HUB.ID Summit X Nexticorn 2023 berperan bukan hanya sebagai konferensi, namun menjadi jembatan strategis dalam membina dan mendorong kemajuan startup teknologi Indonesia. Melalui fasilitas networking startup teknologi dan calon investor yang harus tetap berjalan agar sektor ini dapat tumbuh dengan optimal.

“Kehadiran acara networking seperti HUB.ID Summit x Nexticorn 2023 ini sangat penting untuk memajukan lanskap teknologi Asia Tenggara yang berkembang pesat, terutama mengingat momentum yang dihasilkan oleh peluncuran perundingan Digital Economic Framework Agreement (DEFA) pada pertemuan Dewan Komunitas Ekonomi ASEAN baru-baru ini,” kata Rudiantara.

HUB.ID Summit x Nexticorn 2023 diharapkan dapat mengakselerasi dukungan investasi bagi startup Indonesia dengan cara memberikan akses langsung ke investor global yang sesuai dengan profil dan kebutuhan startup Indonesia.

Selain itu, Summit ini juga bertujuan untuk memberikan informasi terkini tentang perkembangan dan peluang di ekosistem startup Indonesia, hingga menginspirasi para pelaku industri untuk beradaptasi dan berinovasi di era digital.

Reporter: Lenny Septiani
Editor: Yuliawati

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...