Startup Kopi Kenangan Resmi Rambah Singapura Setelah Malaysia
Kopi Kenangan resmi membuka gerai di Singapura. Startup kuliner ini merambah Malaysia tahun lalu.
Gerai Kopi Kenangan tersebut terletak di Raffles City Shopping Centre.
Co-Founders sekaligus CEO Grup Kopi Kenangan Edward Tirtanata menjelaskan, pembukaan gerai di Malaysia dan Singapura bertujuan merangkul lebih banyak konsumen Asia Tenggara. Selain itu, untuk memperkenalkan brand kopi asli Indonesia.
“Kenangan Coffee menggunakan biji kopi lokal Indonesia, diracik dari Indonesia untuk dunia,” kata Edward Tirtanata dalam keterangan pers, Rabu (27/9).
Edward mengatakan, langkah Kopi Kenangan merambah pasar Singapura merupakan milestone yang sangat penting. Sebab, pasar ini memiliki kekayaan kuliner yang beragam.
Kenangan Coffee mengurasi menu disesuaikan dengan lidah Asia maupun global di gerai di Singapura. Salah satunya, Kenangan Latte yang dikenal dengan Kopi Kenangan Mantan di Indonesia dibanderol S$ 4,9 atau sekitar Rp 56.350. Sedangkan variasi makanan dijual sekitar S$ 2,9 atau Rp 33.500.
Co-CEO Kopi Kenangan James Prananto menambahkan, perusahaan berkomitmen secara konsisten memberikan kopi berkualitas tinggi dengan harga terjangkau.
“Dengan menggunakan mesin, peralatan, dan bahan dasar berkualitas tinggi, kami ingin menjadi brand kopi paling dekat dengan hati para pecinta kopi di Asia Tenggara, termasuk di Singapura,” ujar James.
Pada awal berdiri pada 2017, Kopi Kenangan memiliki kurang dari 200 gerai di Indonesia. Kini startup kuliner ini mengoperasikan sekitar 900 outlet di tiga negara.
Kopi Kenangan juga merekrut talenta dari WeChat, Amazon, McKinsey, Burger King, sampai Starbucks.
Startup kuliner itu memiliki Kenangan Academy untuk melatih calon barista Kenangan Coffee. Fasilitas ini tersedia di Jakarta, Surabaya, Medan, Kuala Lumpur, dan Singapura.
Kenangan Academy telah melatih dan mengeluarkan sertifikasi kepada 7.000 lebih barista.