Kopi Kenangan Rambah India Awal 2025, Gandakan Jumlah Gerai pada 2027
Kopi Kenangan menargetkan bisa merambah India pada awal tahun depan, setelah tujuh tahun beroperasi. Startup jaringan kopi ini juga ingin melipatgandakan jumlah gerai dari 900 saat ini menjadi 2.000 pada 2027.
Group CEO sekaligus Co-Founder Kopi Kenangan Edward Tirtanata menyampaikan, konsumsi kopi di India sedang naik daun di kalangan gen Z dan milenial. Hal ini tecermin dalam pertumbuhan penjualan chained cafes di India 29% selama 2020 - 2022.
Ekspektasi pertumbuhan pasar kafe juga meningkat 19% - 21% dalam kurun waktu lima tahun ke depan.
"Ke depan, harapan kami yakni terus memperluas jangkauan dengan membuka 500 gerai internasional Kenangan Coffee yang akan tersebar di berbagai negara," ujar Edward dalam keterangan pers, Rabu (28/8).
Kopi Kenangan sudah hadir di Malaysia, Singapura, dan Filipina. Di Indonesia, hampir genap dua tahun sejak ekspansi internasional Kopi Kenangan yang pertama kali ke Malaysia.
Gerai perdana Kenangan Coffee di Suria KLCC, Malausia menjual lebih dari 1.440 gelas hingga kini. Selain itu, Kenangan Coffee Malaysia sudah memiliki lebih dari 48 gerai di lima negara bagian.
Kenangan Coffee Malaysia mencetak pertumbuhan penjualan lebih dari 360% secara tahunan alias year on year (yoy) selama kuartal II atau April - Juni. Kenangan Coffee Malaysia menargetkan total 100 gerai hingga akhir tahun ini.
Sementara itu, Kenangan Coffee Singapura meraih pertumbuhan margin laba sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi atau EBITDA 17% yoy pada kuartal II. Ada tujuh gerai di Singapura, dan ditargetkan penambahan satu toko sampai akhir 2024.
“Dalam dua tahun sejak ekspansi internasional pertama kami, Kenangan Coffee telah membuktikan diri sebagai salah satu pemain utama di pasar Asia Tenggara, dengan pertumbuhan signifikan di Malaysia dan Singapura," kata General Management Kenangan Coffee Malaysia dan Singapore Jordan Lung.
Kini Kopi Kenangan resmi hadir di Filipina. Penjualan kopi di Filipina tumbuh rata-rata per tahun alias Compound Annual Growth Rate (CAGR) lebih dari 20% selama 2021 - 2023. Oleh karena itu, perusahaan menilai pasar negara ini potensial.
Rincian kinerja Kopi Kenangan secara keseluruhan pada kuartal II sebagai berikut:
- Penjualan naik 27% yoy
- EBITDA tumbuh dua kali lipat
- EBITDA margin 23%
- Margin keuntungan bersih atau net profit 5%
Penjualan produk baru tertinggi pada 2023 dan 2024 yakni Matcha Series dan O.G Aren Series masing-masing terjual lebih dari 940 ribu dan 890 ribu gelas dalam dua bulan.