Zoom Uji Coba Tampilan Iklan Bagi Pengguna Gratisan

Fahmi Ahmad Burhan
3 November 2021, 10:54
Zoom, iklan zoom
zoom
Ilustrasi tampilan Zoom

Aplikasi Zoom menguji coba tampilan iklan untuk pengguna gratis. Penyertaan iklan menjadi salah satu cara perusahaan untuk mendulang pendapatan, meski memberikan layanan secara gratis kepada pengguna.

Zoom menguji coba tampilan iklan tahap awal di negara-negara tertentu sejak kemarin (2/11). Namun, perusahaan asal Amerika Serikat (AS) ini tidak memerinci nama negara tersebut.

Berdasarkan uji coba tahap awal, Zoom tidak memasang iklan saat pengguna sedang menggelar rapat. Iklan hanya muncul di halaman pencarian atau browser saat akhir panggilan. 

Pengiklan menggunakan cookie untuk melacak aktivitas pengguna di situs web Zoom. Akan tetapi, pengguna dapat memblokir pelacakan melalui manajemen cookie di Zoom.

Kepala pemasaran Zoom Janine Pelosi mengatakan, tampilan iklan tersebut diharapkan mampu mendongkrak pendapatan perusahaan. "Akan mendukung investasi," kata Pelosi dikutip dari The Verge,  Selasa (2/11).

Selain itu, iklan akan memberi jaminan pengguna gratis untuk tetap mendapatkan layanan. Sebab, monetisasi Zoom tidak hanya datang dari pengguna berbayar, tetapi juga datang dari iklan.

"Perubahan tampilan iklan ini menjamin bahwa pengguna gratis dapat terus berhubungan dengan teman, keluarga, dan kolega," kata Pelosi.

Diketahui, layanan Zoom kebanjiran pengguna baru selama pandemi corona, karena digunakan untuk belajar dan bekerja dari rumah. Angkanya dapat dilihat pada Databoks di bawah ini:

 

Namun, lonjakan jumlah pengguna gratis itu berpengaruh pada kenaikan biaya, khususnya infrastruktur. Kondisi ini menekan margin laba kotor Zoom pada medio tahun lalu, menjadi 66,7% atau di bawah perkiraan analis 72,1%. Nilainya juga lebih rendah dibandingkan sebelum ada pandemi corona yang rata-rata sekitar 80%.

Zoom pun memperkirakan margin kotor tertekan pada 2021. "Kami memperkirakan margin kotor akan konsisten pada kuartal III hingga tahun fiskal berikutnya, sebelum mulai meningkat menuju target margin jangka panjang," kata Chief Financial Officer Kelly Steckelberg dikutip dari Reuters, akhir tahun lalu (1/12/2020).

Per awal tahun ini, jumlah pengguna Zoom yang merupakan korporasi dengan lebih dari 10 pegawai mencapai 433.700. Jumlahnya meningkat 485% dibandingkan awal 2020 secara tahunan (year on year/yoy). 

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...