Kemenkes Uji Coba Robot Bedah Jarak Jauh Pakai Jaringan 5G Telkomsel

Lavinda
Oleh Lavinda
25 Mei 2023, 17:37
Kemenkes
ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/nz
Pengunjung bermain game virtual reality menggunakan jaringan 5G di booth Telkomsel 5G di Sirkuit Mandalika, KEK Mandalika Praya, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (19/3/2022).

Kementerian Kesehatan atau Kemenkes melakukan uji coba implementasi 5G Robotic Telesurgery atau bedah robotik jarak jauh pertama di Indonesia. Uji coba ini dilakukan menggunakan teknologi jaringan 5G milik PT Telekomunikasi Selular atau Telkomsel.

Robotic Telesurgery merupakan inovasi yang memungkinkan dokter bedah melakukan tindakan operasi terhadap pasien secara jarak jauh dan real time.

Advertisement

Uji coba merupakan hasil kolaborasi Kemenkes bersama Telkomsel, melalui Telkomsel Enterprise, dengan rumah sakit proyek percontohan untuk telesurgery, yakni RSUP Dr. Hasan Sadikin Bandung dan RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta. Persiapan uji coba ini berlangsung sejak Februari 2023.

Dalam skenario penerapan teknologi Robotic Telesurgery secara real time, dibutuhkan kapasitas bandwidth besar dan latensi rendah pada fungsi data controlling, intra-abdominal real image transfer, dan video communication.

Dalam uji coba dan demonstrasi yang dilakukan, pihak dokter berada di RSUP Dr. Hasan Sadikin Bandung dan pasien berada di RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta.

Di kedua lokasi rumah sakit pilot project tersebut, Telkomsel menghadirkan infrastruktur jaringan 5G dengan latensi rendah sekaligus infrastruktur jaringan optik khusus dengan sambungan point-to-point dan kapabilitas multicast. Ini guna mengakomodasi Robotic Telesurgery yang memiliki tingkat presisi visual yang tinggi, aksesibilitas instrumen jarak jauh yang ergonomis, dan pengurangan risiko komplikasi saat melakukan tindakan operasi maupun pemulihan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement