Nasib Rencana Internet Starlink Masuk RI saat Elon Musk Dukung Israel

Lenny Septiani
1 Desember 2023, 12:55
Elon Musk, israel, starlink,
ANTARA FOTO/Biro Pers Setpres/Laily Rachev/foc.
Presiden Joko Widodo (kiri) berbincang dengan founder SpaceX Elon Musk saat kunjungan di pabrik produksi roket SpaceX di Boca Chica, AS, Sabtu (14/5/2022).

Penyedia layanan internet berbasis satelit asal Amerika yakni Starlink berencana masuk pasar Indonesia. Namun pendirinya yaitu Elon Musk menyatakan dirinya mendukung Israel menyerang Hamas di Palestina.

Sementara itu, warganet Indonesia banyak yang mendukung Palestina. Bahkan sebagian masyarakat menyerukan boikot terhadap produk-produk yang mendukung atau buatan Israel.

Advertisement

Menteri Kominfo atau Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi mengatakan Pemerintah menyoroti persoalan kedaulatan data pengguna jika Starlink milik Elon Musk jadi masuk ke pasar Indonesia.

“Bukan urusan negara lain. Pokoknya selama IP address ada di Indonesia, kami oke,” kata Budi Arie Setiadi kepada media di Jakarta, Kamis (30/11).

Pada Oktober, Budi menyampaikan bahwa perusahaan internet milik Elon Musk itu sudah tercatat di Kementerian Investasi alias Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). “Mereka bikin Starlink Service Indonesia,” katanya kepada media di Jakarta, Oktober (20/10). “Mereka sudah buat kalau lihat di BKPM.”

Berdasarkan pelacakan oleh Katadata.co.id di mesin pencarian Google, belum ada situs resmi mengatasnamakan Starlink Indonesia. Namun perusahaan milik Elon Musk ini sudah bekerja sama dengan anak usaha Telkom yakni Telkomsat.

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh Starlink milik Elon Musk, jika ingin membuka perusahaan di Indonesia. Syarat yang dimaksud di antaranya:

  • Membuat Nomor Induk Berusaha atau NIB yang terdiri dari 13 digit angka yang merekam tanda tangan elektronik dan dilengkapi dengan pengaman. NIB bisa digunakan sebagai Tanda Daftar Perusahaan alias TDP, Angka Pengenal Importir atau API, dan hak akses kepabeanan.
  • Membangun pusat operasional di Indonesia Melewati tiga pengujian yaitu mencakup Internet Service Provider (ISP), Network Access Point (NAP), dan Very Small Aperture Terminal (VSAT)
  • Seluruh proses perizinan itu harus melewati tahapan yang diajukan lewat Online Single Submission (OSS) yang dikelola oleh BKPM
  • Memenuhi komitmen melakukan penyerapan tenaga kerja lokal, sehingga memberikan lapangan pekerjaan bagi warga Indonesia

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko, pelaku usaha yang sudah memiliki NIB bisa mengajukan Izin Usaha dan Izin Komersial atau Operasional sesuai bidang.

Budi menyampaikan IP Address Starlink juga harus berada di Indonesia. “Kalau tidak, nanti pemerintah tak punya alat kontrol terhadap Starlink. Judi online hingga pinjaman online alias pinjol ilegal bisa melalui Starlink,” ujar Budi pada Oktober (19/10).

Starlink Enggan Rekrut Pekerja Lokal

Meski berminat membentuk perusahaan di Indonesia, Starlink dilaporkan tidak ingin merekrut tenaga kerja Indonesia.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo Usman Kansong menyampaikan penyedia layanan internet berbasis satelit milik Elon Musk, Starlink ingin beroperasi sebagai OTT atau over the top di Indonesia.

Sementara perekrutan pekerja lokal merupakan salah satu syarat bagi perusahaan luar negeri bisa beroperasi di Indonesia. “Kan tetap harus memperlakukan setara,” kata Usman kepada Katadata.co.id, pada September (22/9).

Oleh karena itu, Kominfo akan berkoordinasi Kementerian Ketenagakerjaan mengenai keinginan Starlink tersebut. “Kami tetap menginginkan ada penyerapan tenaga kerja dalam negeri,” kata Usman.

Halaman:
Reporter: Lenny Septiani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement