Tips Podcast YOLO Buat Pendengar Menyimak dari Awal hingga Akhir
Podcast YOLO (YOur Life with Ours) mencatat 77% pendengar setia mendengar dari awal hingga akhir. Ketiga host podcast itu membeberkan strategi agar pendengar rela menyimak dari awal hingga akhir tanpa putus.
Podcast YOLO menyuguhkan ocehan tiga host acara itu yaitu presenter Dave Hendrik, Direktur Bisnis MRA Media Iwet Ramadhan dan Pemimpin Redaksi Mother and Beyond Novita Angie.
“Biasanya kalau orang dengar podcast itu kan terputus, di awal saja, di tengah atau di akhir. Kami kaget ketika tahu 77% pendengar podcast YOLO menyimak dari awal sampai akhir tanpa putus,” kata Iwet Ramadhan di acara Asia Pacific Media Forum 2024 di Bali, Jumat (3/5).
Iwet mengatakan bahwa tidak ada strategi khusus untuk mencapai hal ini. “Kami hanya menjadi diri kami sendiri dengan segala kekurangan dan kelebihannya,” ujar dia.
Ia mengatakan target awal dari podcast YOLO adalah pendengar yang berusia 30-35 tahun. Namun target itu berubah, karena mayoritas pendengar podcast YOLO justru millennial dan gen Z di rentang usia 25-30 tahun.
Dave Hendrik menyatakan Podcast YOLO sebenarnya hanya bercerita tentang suatu masalah dari sudut pandang para host atau lebih banyak berbagi pengalaman.
“Saya itu orangnya tidak tahu banyak tapi mau tahu banyak. Di Podcast ini saya menjadi diri saya sendiri dan tidak menjadi seseorang yang tahu segalanya,” ujar dia. “Ternyata, Gen Z justru suka yang seperti itu.”
Dave menyampaikan audiens podcast YOLO sebenarnya ingin mendengarkan pengalaman para host sebagai Gen Y. “Dan mereka justru tidak mau kalau Gen Y atau milenial justru berubah menjadi Gen Z dan mengikuti gaya hidup mereka,” kata Dave.
Podcast YOLO belum masuk kategori Top of Mind. Dave mengatakan karena memang tujuannya bukan untuk menjadi top of mind.
Menurutnya podcast ini hanya ingin membahas sesuatu yang terkait dengan kehidupan pendengar dari sisi pengalaman para host.
Novita Angie menyatakan takjub dengan respon Gen Z yang mau mendengarkan Podcast YOLO dari awal hingga akhir. Padahal, tema yang dibahas terkadang terlalu ringan.
“Jadi anak saya itu kan Gen Z dan temannya bilang kalau Podcast YOLO itu seperti mendengarkan orangtua mereka yang lagi bertamu ke rumah temannya,” kata Novita.
Ia mengatakan, Gen Z terasa seperti mendengarkan obrolan orang tua mereka tentang berbagai macam hal, yang ternyata menarik seru. “Bahkan ada yang bilang gini, terima kasih sudah jadi mentor kami,” ujar Novita.
Artikel ini sebelumnya tayang di Sisiplus Katadata dengan judul "77% Pendengar Menyimak Podcast YOLO dari Awal Hingga Akhir, Ini Strateginya".