Asal Usul Gim Black Myth: Wukong yang Terjual 10 Juta Kopi dalam Tiga Hari

Amelia Yesidora
2 September 2024, 18:32
Gim video asal Cina, Black Myth: Wukong.
Instagram
Gim video asal Cina, Black Myth: Wukong.
Button AI Summarize

 

Gim video asal Cina, Black Myth: Wukong, mencetak rekor penjualan terbanyak secara global. Gim yang rilis pada 20 Agustus berhasil terjual 10 juta kopi dalam tiga hari.

Kabar rekor penjualan tersebut disampaikan langsung oleh pengembang gim, Game Science, dalam akun X atau Twitter resminya. Pecah rekor ini menjadi fenomenal di tengah tindakan keras pemerintah Beijing atas gim.

 Game Science menggandeng Hero Games sebagai pengembang gim yang ikut serta menerbitkan Black Myth: Wukong. Tidak hanya itu, Hero Games menjadi salah satu investor awal di Game Science.

Pendiri Hero Games, Dino Ying, bilang salah satu faktor suksesnya Black Myth: Wukong adalah tingkat gimnya yakni triple-A. Artinya, gim video ini diproduksi atau didistribusikan oleh penerbit skala menengah atau besar. Jadi, penerbit itu punya modal pengembangan dan penjualan lebih besar dari tingkatan gim lainya.

“Saya pikir game triple-A berikutnya kemungkinan sangat dekat, karena Black Myth: Wukong telah menunjukkan kepada semua orang bahwa game AAA buatan Tiongkok dapat mencapai penjualan global yang begitu tinggi," kata Dino Ying, pada CNBC, Kamis (29/8).

Ying bilang, setidaknya ada satu gim AAA yang tengah dikembangkan oleh mitra bisnisnya. Tapi, ia menolak menyebut kapan gim itu akan rilis.

Angka penjualan itu tidak berhenti bertambah. Hingga hari ini, Senin (2/9), VG Insights mencatat sudah ada total 16,9 juta unit gim Black Myth: Wukong yang terjual. Di Steam, gim ini bercokol di posisi pertama terbanyak terjual dengan 95,8% ulasan positif.

Melansir laman Steam, gim ini dijual dengan harga Rp 699.999 untuk versi standar sementara versi deluxe di harga Rp 859.999. Dengan jumlah penjualan dan harga tersebut, VG Insights memperkirakan total pendapatan kotor gim ini mencapai US$ 812 juta atau senilai Rp 12,6 triliun.

Pada hari pertama rilis, Black Myth: Wukong dimainkan oleh 2.264.533 orang pemain bersamaan alias concurrent player pada 24 jam pertama setelah rilis. Puncak concurrent player terjadi pada 22 Agustus, dua hari setelah rilis, yakni sebanyak 2.415.714 orang. Kendati demikian, angkanya masih di bawah PUBG: Battleground dengan jumlah concurrent player 3.257.248 orang.

Black Myth: Wukong adalah permainan bermain peran atau role playing game (RPG). Cerita dalam gim ini berdasarkan kisah Perjalanan ke Barat, satu dari Empat Karya Sastra Termasyhur China. Pemain bisa membeli gim ini di PC serta konsol PlayStation 5 (PS5) lewat platform distribusi Steam dan Epic Games Store.

 

Game Science menggandeng Hero Games sebagai pengembang gim yang ikut serta menerbitkan gim ini. Tidak hanya itu, Hero Games menjadi salah satu investor awal di Game Science.

 

Pendiri Hero Games, Dino Ying, bilang salah satu faktor suksesnya Black Myth: Wukong adalah tingkat gimnya yakni triple-A. Artinya, gim video ini diproduksi atau didistribusikan oleh penerbit skala menengah atau besar. Jadi, penerbit itu punya modal pengembangan dan penjualan lebih besar dari tingkatan gim lainya.

 

“Saya pikir game triple-A berikutnya kemungkinan sangat dekat, karena Black Myth: Wukong telah menunjukkan kepada semua orang bahwa game AAA buatan Tiongkok dapat mencapai penjualan global yang begitu tinggi," kata Dino Ying, pada CNBC, Kamis (29/8).

 

Ying bilang, setidaknya ada satu gim AAA yang tengah dikembangkan oleh mitra bisnisnya. Tapi, ia menolak menyebut kapan gim itu akan rilis.

 

Angka penjualan itu tidak berhenti bertambah. Hingga hari ini, Senin (2/9), VG Insights mencatat sudah ada total 16,9 juta unit gim Black Myth: Wukong yang terjual. Di Steam, gim ini bercokol di posisi pertama terbanyak terjual dengan 95,8% ulasan positif.

 

Melansir laman Steam, gim ini dijual dengan harga Rp 699.999 untuk versi standar sementara versi deluxe di harga Rp 859.999. Dengan jumlah penjualan dan harga tersebut, VG Insights memperkirakan total pendapatan kotor gim ini mencapai US$ 812 juta atau senilai Rp 12,6 triliun.

 

Pada hari pertama rilis, Black Myth: Wukong dimainkan oleh 2.264.533 orang pemain bersamaan alias concurrent player pada 24 jam pertama setelah rilis. Puncak concurrent player terjadi pada 22 Agustus, dua hari setelah rilis, yakni sebanyak 2.415.714 orang. Kendati demikian, angkanya masih di bawah PUBG: Battleground dengan jumlah concurrent player 3.257.248 orang.

 

Black Myth: Wukong adalah permainan bermain peran atau role playing game (RPG).  Cerita dalam gim ini berdasarkan kisah Perjalanan ke Barat, satu dari Empat Karya Sastra Termasyhur China. Pemain bisa membeli gim ini  di PC serta konsol PlayStation 5 (PS5) lewat platform distribusi Steam dan Epic Games Store.

Reporter: Amelia Yesidora
Editor: Yuliawati

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...