Referensi Kuliner Khas Ramadan

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Riset dan Publikasi
9 April 2021, 11:06
Kurma
Arief Kamaludin|Katadata

Masyarakat muslim di Indonesia maupun seluruh dunia sedang bersiap menyambut momen bulan puasa yang segera tiba kurang dari sepekan. Ramadan tahun ini kembali berlangsung dalam balutan pandemi Covid-19.

Walaupun demikian, bulan suci Ramadan tetap menjadi momen yang dinantikan. Bagi mereka yang mampu, berpuasa sebulan penuh merupakan kewajiban. Aktivitas ini dapat menjadi jembatan refleksi diri sehingga saat Idul Fitri tiba, seorang muslim kembali fitrah dan menjadi insan yang lebih sehat jasmani maupun rohani.

Secara jasmani, ada dua hal yang tak boleh dilewatkan dalam berpuasa; waktu sahur dan waktu berbuka. Pada dua waktu ini lazimnya diisi dengan hidangan kesukaan keluarga. Menu sahur yang tepat akan membuat tubuh tak mudah lelah dan tetap berenergi sampai waktu berbuka. Sementara menu berbuka puasa biasanya akan diisi santapan favorit penuh selera.

Apa saja menu favorit selama Ramadan? Setiap orang pasti punya selera masing-masing tetapi di Indonesia ada beberapa menu ibaratnya wajib ada selama bulan puasa. Berikut ini beberapa di antaranya. 

 1. Kurma dan air hangat

Jenis makanan ini adalah makanan paling populer saat bulan puasa. Rasullah menganjurkan untuk selalu mengawali berbuka dengan memakan buah kurma.

Glukosa, fruktosa dan sukrosa yang terkandung dalam kurma, adalah tiga jenis gula yang memberikan banyak energi untuk tubuh. Yang sering terlewatkan, Rasullah sebenarnya juga menganjurkan mengonsumsi kurma saat sahur.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...