Referensi Kuliner Khas Ramadan

Kurma, aneka bubur, serta bermacam es dan gorengan kerap menjadi favorit umat Islam di Tanah Air selama bulan puasa.
Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Riset dan Publikasi
9 April 2021, 11:06
Kurma
Arief Kamaludin|Katadata

Masyarakat muslim di Indonesia maupun seluruh dunia sedang bersiap menyambut momen bulan puasa yang segera tiba kurang dari sepekan. Ramadan tahun ini kembali berlangsung dalam balutan pandemi Covid-19.

Walaupun demikian, bulan suci Ramadan tetap menjadi momen yang dinantikan. Bagi mereka yang mampu, berpuasa sebulan penuh merupakan kewajiban. Aktivitas ini dapat menjadi jembatan refleksi diri sehingga saat Idul Fitri tiba, seorang muslim kembali fitrah dan menjadi insan yang lebih sehat jasmani maupun rohani.

Secara jasmani, ada dua hal yang tak boleh dilewatkan dalam berpuasa; waktu sahur dan waktu berbuka. Pada dua waktu ini lazimnya diisi dengan hidangan kesukaan keluarga. Menu sahur yang tepat akan membuat tubuh tak mudah lelah dan tetap berenergi sampai waktu berbuka. Sementara menu berbuka puasa biasanya akan diisi santapan favorit penuh selera.

Apa saja menu favorit selama Ramadan? Setiap orang pasti punya selera masing-masing tetapi di Indonesia ada beberapa menu ibaratnya wajib ada selama bulan puasa. Berikut ini beberapa di antaranya. 

 1. Kurma dan air hangat

Jenis makanan ini adalah makanan paling populer saat bulan puasa. Rasullah menganjurkan untuk selalu mengawali berbuka dengan memakan buah kurma.

Glukosa, fruktosa dan sukrosa yang terkandung dalam kurma, adalah tiga jenis gula yang memberikan banyak energi untuk tubuh. Yang sering terlewatkan, Rasullah sebenarnya juga menganjurkan mengonsumsi kurma saat sahur.

“Sebaik-baik sahurnya orang mukmin adalah kurma.” (HR. Abu Daud 2345)

Sementara air hangat akan baik untuk menetralisir rasa manis yang cukup tinggi pada kurma. Minum air hangat juga akan memperlancar sirkulasi darah dan membuat otot-otot tubuh rileks.

2. Aneka Bubur

Pada hari biasa, bubur menjadi salah satu pilihan utama saat sarapan, uniknya saat Ramadan, bubur menjadi makanan favorit berbuka. Berbagai jenis bubur akan banyak diburu saat Ramadan. Bubur merupakan salah satu takjil yang begitu melegenda, khususnya di beberapa masjid raya. Sebut saja, misalnya Bubur Sop khas Masjid Raya Medan, 1.000 porsi ludes dibagikan sebelum azan Magrib.

3. Bermacam es dan gorengan

Dua menu ini bagai punya dua mata pisau. Pada satu sisi, berbagai jenis es dan goreng-gorengan merupakan makanan lezat. Tapi sisi lainnya, merekalah biang batuk dan berisko merugikan kesehatan. Oleh karena itu, untuk mengontrol konsumsi kedua makanan favorit ini, lebih bijak jika Anda membuat sendiri di rumah. Buatlah secukupnya dan jangan setiap hari.

Banyak lagi sebenarnya menu favorit saat bulan puasa tiba, Anda dapat bergerilya di dunia maya menyusun menu harian untuk keluarga tercinta agar bulan puasa kali ini makin berkesan. Yang terpenting adalah, keseimbangan antara selera dengan kesehatan agar tubuh tetap dalam kondisi prima saat menjalankan ibadah puasa.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait