Masjid di Ibu Kota yang Terinspirasi dari Taj Mahal

Image title
14 April 2021, 18:28
INDIA-USA-TRUMP
ANTARA FOTO/Rupak De Chowdhuri/nz/dj

Ibu kota Jakarta memiliki masjid unik bernama Masjid Ramlie Mustofa. Rumah ibadah ini berada di kawasan Sunter, Jakarta Utara. Pembangunan masjid seluas 2.000 meter persegi ini memakan waktu selama lima tahun, mulai dari 2011 hingga 2016. 

Pendiri Masjid Ramlie Mustofa adalah mualaf keturunan Tionghoa yang bernama Ramlie Rasidin. Keunikan masjid ini terdapat pada bentuk bangunannya, mirip salah satu bangunan yang masuk dalam tujuh keajaiban dunia, yakni Taj Mahal di India.

Inspirasi utama Ramlie ketika membangun masjid tersebut memang Taj Mahal. Bentuk segi delapan, pihtaq dan balkon yang ada di keempat sisi Masjid Ramlie Mustofa seolah mencerminkan kemegahan masjid ini. Dan di bagian dinding terdapat motif islamic geometric yang semakin memperkuat kesan mirip dengan Taj Mahal. Arsitektur Ramlie Mustofa berdasarkan kepada perpaduan tiga budaya, yaitu Melayu, Tionghoa, dan Arab.

Faktar menarik lainnya terkait penamaan. Berdasarkan namanya, masjid ini merupakan bukti cinta Ramlie kepada Tuhan dan keluarga. Pasalnya, ‘Ramlie’ adalah akronim nama keluarga, yakni “Ram” mengarah kepada nama Ramlie Rasidin sedangkan “Lie” adalah nama depan sang istri, Lie Njoek Kim. Pada bagian “Mu” merupakan penggalan dari nama anak pertama mereka, yaitu Muhammad. “So” merupakan nama anak kedua mereka, Sofian. Yang terakhir “Fa”, adalah nama dari anak bungsunya, yakni Fabian. Latar belakang pemberian nama Masjid Ramlie Mustofa juga mirip dengan pemberian nama Taj Mahal, yang merupakan persembahan raja untuk istrinya.

Adapun, Masjid Ramlie Mustofa memiliki desain yang unik,  warna putih sengaja dipilih untuk member nuansa sejuk. Masjid ini juga sering digunakan sebagai tempat untuk membimbing para mualaf orang yang baru belajar agama islam.

Pada bagian depan area tangga terdapat surat Al Fatihah yang dipahat dalam tiga bahasa, yakni bahasa Indonesia, Arab, serta bahasa Tionghoa. Hal itu merupakan usaha untuk memudahkan orang Tionghoa dalam memahami artinya. Kreativitas ini Ramlie Mustoga memiliki daya tarik tersendiri bagi pengunjung dan jamaah.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...