Keuntungan Menabung di Bank Syariah, Apa Saja?

Image title
14 April 2021, 20:22
BSI MULAI MENYATUKAN SISTEM LAYANAN KEUANGAN SYARIAH
ANTARA FOTO/Arnas Padda/yu/aww.

Penetrasi tabungan syariah belum semasif tabungan konvensional. Tapi, sebelumnya dalam beberapa tahun belakangan ini, popularitas perbankan syariah semakin menguat dibarengi dengan tingkat kesadaran beragama masyarakat Indonesia yang semakin baik.

Pemerintah juga semakin memberi lampu hijau dengan mendirikan Bank Syariah Indonesia (BSI). BSI adalah hasil gabungan dari tiga bank Syariah BUMN, yaitu BNI Syariah, BRI Syariah, dan Bank Syariah Mandiri.

Banyak yang akan Anda dapatkan ketika menabung di bank syariah. Sayangnya, keuntungan dan manfaat tersebut tidak diketahui oleh banyak orang. Lalu, apa saja sebenarnya keuntungan dari bank syariah ini? Di bawah ini penjelasannya.

1. Sistem bagi hasil bukan bunga

Bank syariah menerapkan sistem bagi hasil, artinya keuntungan yang didapat untuk nasabah dihitung dari pendapatan yang diperoleh bank syariah. Maka, jika pendapatan bank semakin meningkat otomatis semakin besar pula hasil yang diperoleh nasabah. Sistem ini akan menghindarkan nasabah dari riba.

2. Akad sesuai dengan syariat Islam

Akad atau perjanjian antara nasabah dengan pihak bank disepakati sesuai syariat. Ada dua akad yang ditawarkan, pertama adalah akad mudharabah yakni memberi izin kepada bank untuk mengelola uangnya di industri halal. Kedua ialah akad wadiah, yang mana nasabah hanya menabung saja, dan pihak bank hanya menyimpan dan tidak boleh menggunakan uang tersebut untuk dikelola. Meski hanya menyimpan ada beberapa bank syariah yang memberikan bonus sesuai keuntungan yang didapat bank.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...