Danau Dora, Jeda di Tengah Belantara Kota Bogor

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
24 April 2021, 21:18
FENOMENA MUNCULNYA DANAU BARU PASCASIKLON SEROJA DI KUPANG
ANTARA FOTO/Kornelis Kaha/foc.

Ngabuburit adalah waktu bersantai sambil menunggu buka puasa tiba. Biasanya, orang-orang melakukan hal yang menyenangkan untuk mengisi waktu ini. Bisa sambil bersantai, berjalan-jalan, dan tentunya berburu takjil. Jika Anda salah satu yang lebih senang berjalan santai untuk ngabuburit, tempat ini adalah tempat yang pas.

Danau Dora, danau buatan yang ada di tengah hiruk pikuk Kota Bogor. Meskipun berada di tengah kota, kawasan wisata ini sama sekali tidak seperti berada di kota. Pasalnya, objek wisata ini berada di dalam kawasan Lembaga Ilmu Penelitian Indonesia (LIPI).  Sebenarnya, Danau Dora sudah lama ditutup untuk umum. Namun, menurut pihak Danau Dora, kawasan ini kembali dibuka untuk umum sejak pertengahan Oktober 2020 lalu.

Di sana, wisatawan akan merasakan lingkungan yang betul-betul berbeda dengan belantara Kota Bogor. Angin sepoi-sepoi di sore hari, membawa ketenangan tersendiri. Membawa aroma segar dari rerumputan dari perairan danau.

Pemandangan yang disuguhkan pun tak kalah indah. Hamparan danau indah yang begitu jernih. Ketika airnya tenang, tampak pantulan langit dan pepohonan di sekitarnya. Dan di beberapa titik danau, tampak bunga teratai yang bergerombol. Daunnya mengambang lebar di permukaan danau. Di sekitar tampak sesuatu yang sesekali menyembul ke permukaan, ikan-ikan yang hidup dengan alami di danau ini.

Di sekeliling danau, pemandangan tampak begitu hijau. Area lapangnya berupa rerumputan hijau yang tertata sangat rapi. Ditumbuhi dengan pepohonan rimbun di beberapa titik. Di bagian belakang mengelilingi kawasan wisata ini, terdapat pepohonan rimbun. Seolah menjadi pagar alami yang membatasi kawasan Danau Dora dengan belantara Kota Bogor.

Yang menjadi daya tarik di sana adalah adanya jalan setapak kayu yang melingkar di tengah danau. Tempat ini seringkali dijadikan titik berswafoto oleh pengunjung. Pasalnya, di titik ini, pemandangan yang didapatkan akan sangat indah. Hamparan luas danau, dengan latar belakang rerumputan dan pepohonan hijau.

Wisata yang datang ke sini kebanyakan untuk menghabiskan waktu sambil duduk santai di area rerumputan. Beberapa bahkan ada yang datang untuk berolahraga ringan, seperti jogging dan bersepeda santai. Harmoni pemandangan di sini sangat cocok untuk ngabuburit. Seolah lapar dan dahaga teralihkan dengan indahnya pemandangan di Danau Dora.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...