Menu Es Asal Sumatra yang Cocok Menjadi Takjil

Image title
28 April 2021, 10:37
PASAR WADAI PENJUAL TAKJIL KHAS RAMADHAN DI PALANGKARAYA
ANTARA FOTO/Makna Zaezar/pras.

Es merupakan menu takjil yang sangat populer di Indonesia. Dingin dan segarnya es ketika diteguk, membuat minuman ini nyaris tak pernah absen sebagai hidangan berbuka puasa bagi sebagian orang.

Mengutip pemberitaan sejumlah media, rupanya setiap daerah di Indonesia memiliki menu es tersendiri yang biasa disajikan sebagai takjil. Nah, berikut ini terdapat lima menus es dari Sumatra yang cocok menjadi hidangan buka puasa Anda.

1. Es Campur, Medan

Medan memiliki es campur khas yang sangat pas untuk menemani buka puasa. Isian es campur dari Medan ini beraneka macam, mulai dari sagu mutiara, kacang merah, hingga biji delima. Es campur Medan semakin nikmat manakala disiram dengan saus gula kelapa, air santan, dan gula pasir. Kebayang bukan rasa manis dan segarnya? Yang membedakan es campur Medan dengan es campur lainnya adalah tekstur kuahnya. Kuah es campur Medan begitu kental, sebab terdapat tambahan larutan tepung maizena.

2. Es Tebak, Payakumbuh

Payakumbuh merupakan sebuah kota di Sumatra Barat. Di sana terdapat minuman es yang sangat khas, yaitu Es Tebak. Tebak merupakan isian dari es ini, yang berupa olahan tepung ketan dan sagu. Bahan-bahan dimasak dengan kapur sirih dan air garam. Campuran bahan untuk membuat “tebak” kemudian dicetak tipis, sampai berbentuk seperti cendol. Setelah itu, es tebak dicampur dengan isian lainnya, seperti tape singkong, cincau, nangka, kolang-kaling dan kelapa muda. Es tebak semakin segar dan manis ketika siraman kuah santan, sirup merah dan kental manis bertabur di atasnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...