Ikuti 9 Cara Ini untuk Melindungi Diri dari Phishing

Phishing adalah upaya untuk mendapatkan informasi data seseorang dengan teknik pengelabuan.
Image title
Oleh Hanna Farah Vania - Tim Riset dan Publikasi
20 Mei 2022, 16:07

Masyarakat perlu memahami terdapat berbagai jenis penipuan di internet, salah satunya adalah phishing. Phishing adalah upaya untuk mendapatkan informasi data seseorang dengan teknik pengelabuan. Terdapat sembilan cara untuk terhindar dari teknik penipuan tersebut.

Pertama, cek pengirim email ketika mendapat pesan dari orang yang tidak dikenal. Kedua, selalu update browser menjadi versi terbaru. Ketiga, lakukan scan malware secara berkala. Keempat, ketahui dan cari berita terbaru terkait phishing. Kelima, gunakan Two-Factor Authentication untuk proses log in atau masuk ke dalam sebuah akun.

Keenam, cek akun-akun yang dimiliki secara rutin. Ketujuh, periksa link yang dikirimkan sebelum membukanya. Kedelapan, hindari mengunjungi website yang tidak aman dan resmi. Terakhir, hindari memberikan data pribadi pada website yang tidak terpercaya. 

Sebagai informasi, terdapat sejumlah data-data yang biasa menjadi sasaran berupa data pribadi seperti nama, usia, dan alamat, data akun seperti username dan password, serta data finansial seperti informasi kartu kredit dan nomor rekening.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.