Mario Dandy Pasang 'Borgol' Sendiri, Polda Metro Jaya Sebut Editan

Image title
28 Mei 2023, 15:10
Viral video yang menunjukkan Mario Dandy Satriyo menggunakan kabel ties atau kabel pengikat sendiri.
Instagram @viralsekali
Viral video yang menunjukkan Mario Dandy Satriyo menggunakan kabel ties atau kabel pengikat sendiri.

Video Mario Dandy Satriyo (20), tersangka penganiayaan Christalino David Ozora, yang memasang sendiri cable ties sebagai borgol, ramai diperbincangkan di media sosial sejak Jumat (26/5). Namun, Polda Metro Jaya membantah peristiwa tersebut.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan penggalan video yang beredar di media sosial merupakan hasil editing. "Proses lepas pasang (cable ties) itu adalah proses pengulangan video yang berkembang di masyarakat, seolah-olah lepas dan pasang sendiri," kata dia, Minggu (28/5).

Advertisement

Ia menjelaskan peristiwa dalam video yang beredar itu terjadi di ruang administratif dan piket siaga Direktorat Tahanan dan Barang Bukti Polda Metro Jaya. Saat itu, Mario Dandy akan dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan setelah berkas perkara dinyatakan lengkap.

Artinya, lanjut Trunoyudo, saat itu Mario Dandy dalam pengawasan penuh petugas kepolisian. Saat itu, kata dia, cable ties disiapkan penyidik untuk dipasangkan kepada Mario Dandy saat hendak dilimpahkan. Secara tiba-tiba, Mario Dandy mengambil cable ties tersebut dan memasangnya sendiri di kedua pergelangan tangannya.

Trunoyudo mengatakan cable ties itu tidak diset untuk dibongkar pasang sendiri. "Maksudnya tidak lepas dan pasang. Proses yang lepas pasang itu ada proses pengulangan video, yang berkembang di masyarakat jadi seolah-olah lepas dan pasang sendiri," ujarnya.

Ia mengatakan penyidik bekerja secara profesional. Dibuktikan dengan pemakaian baju tahanan setelah pemasangan cable ties. "Ketika keluar sudah sesuai SOP dengan menggunakan kabel oranye dan cable ties, kemudian dibawa penyidik karena sudah penyerahan," kata dia.

Sebelumnya, beredar video viral di media sosial Twitter yang diunggah oleh akun @tolakbigotnkri pada Jumat (26/5), pukul 17.24. Video itu menampilkan tersangka Mario Dandy Satriyo mengenakan baju berwarna hitam kemudian memakai cable ties sendiri saat dia disorot oleh kamera.

"Apa-apaan ini Mario Dandy senyum-senyum minta maaf aniaya David Ozora dan keluarganya. Kelihatan sekali raut mukanya tidak menyesal sekali! Kita berharap Mario Dandy ini dihukum semaksimal mungkin. Jangan kasih kendor!" tulis akun tersebut.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement