Viral Borgol Plastik Mario Dandy, Kapolda Metro Jaya Meminta Maaf

Image title
28 Mei 2023, 16:34
Viral video yang menunjukkan Mario Dandy Satriyo menggunakan kabel ties atau kabel pengikat sendiri.
Instagram @viralsekali
Viral video yang menunjukkan Mario Dandy Satriyo menggunakan kabel ties atau kabel pengikat sendiri.

Kapolda Metro Jaya Irjen (Pol) Karyoto meminta maaf kepada masyarakat terkait dengan video Mario Dandy Satrio (20), yang memasang borgol plastik sendiri. Video itu viral di media sosial sejak Jumat (26/5).

Karyoto mengatakan ia merasa tergugah dan bertanggung jawab atas peristiwa tersebut. "Saya merasa bertanggung jawab dengan adanya berita viral yang menyangkut penanganan perkara Mario Dandy. Saya selaku penanggung jawab dari Polda Metro Jaya, saya meminta maaf," kata dia, Minggu (28/5).

Advertisement

Selain itu, ia mengatakan telah memerintahkan Propam Polda Metro Jaya untuk memeriksa anggotanya terkait video tersebut. "Saya perintahkan Kabid Propam memeriksa apakah ada standar prosedur yang dilakukan anggota kami," kata dia.

Mantan Deputi Penindakan KPK tersebut mengatakan peristiwa itu menjadi koreksi bagi Polda Metro Jaya. Ia mengucapkan terima kasih kepada warganet yang memberikan kritikan dan masukan terkait kinerja Polda Metro Jaya, termasuk dalam menangani kasus Mario Dandy. "Yang jelas saya merasa hal-hal sekecil apa pun yang menjadi tanggung jawab saya, saya akan melakukan perbaikan," kata dia.

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko menjelaskan duduk perkara video Mario Dandy yang viral tersebut. Menurut Trunoyudo, Mario memasang cable ties yang sudah disiapkan oleh penyidik atas inisiatif sendiri.

Ia menjelaskan peristiwa dalam video yang beredar itu terjadi di ruang administratif dan piket siaga Direktorat Tahanan dan Barang Bukti Polda Metro Jaya. Saat itu, Mario Dandy akan dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan setelah berkas perkara dinyatakan lengkap.

Artinya, lanjut Trunoyudo, saat itu Mario Dandy dalam pengawasan penuh petugas kepolisian. Saat itu, kata dia, cable ties disiapkan penyidik untuk dipasangkan kepada Mario Dandy saat hendak dilimpahkan. Secara tiba-tiba, Mario Dandy mengambil cable ties tersebut dan memasangnya sendiri di kedua pergelangan tangannya.

Adapun video yang viral itu menunjukkan Mario Dandy Satriyo yang mengenakan baju berwarna hitam, tiba-tiba memakai cable ties sendiri saat disorot oleh kamera. Ia memasang cable ties ke kedua tangannya lalu mengencangkannya,.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement