Wabah Corona, Olimpiade Tokyo Diusulkan Ditunda ke 2021

Tokyo sebagai penyelenggara Olimpiade masih optimistis pesta olahraga terbesar di dunia itu akan tetap berjalan sesuai rencana.
Image title
28 Februari 2020, 15:18
Olimpiade Tokyo
REUTERS/Athit Perawongmetha/Antara

Wabah virus Corona yang mulai merambah ke banyak negara membuat sejumlah event olahraga ditunda. Mulai dari Formula 1 di China, kejuaraan motorsport hingga kejuaraan dunia atletik. Olimpiade Tokyo yang akan dimulai pada 24 Juli nanti juga terancam ditunda.

Anggota Komite Olimpiade Internasional Dick Pound mengungkapkan, Olimpiade Tokyo bisa ditunda ke 2021 apabila pandemik virus Corona semakin meluas. Namun, penundaan Olimpiade harus melibatkan komitmen banyak pihak.

“Mulai dari hotel, sukarelawan, federasi olahraga di seluruh dunia, pemerintah dan juga masyarakat. Mereka semua harus menyepakati penundaan,” ujar Pound dalam wawancara dengan Associated Press, belum lama ini.

Pound mengatakan, Tokyo sebagai penyelenggara Olimpiade masih optimistis pesta olahraga terbesar di dunia itu akan tetap berjalan sesuai rencana. Akan tetapi, panitia juga harus mempertimbangkan opsi penundaan apabila wabah ini semakin meluas.

Advertisement

“Tidak memikirkan opsi penundaan Olimpiade akan membuat orang berpikir ini adalah hal gila,” ujarnya.

“Penundaan Olimpiade akan menjadi bencana finansial bagi Komite Olimpiade Internasional (IOC). Namun, prioritas pertama adalah, dan saya yakin IOC juga punya pandangan yang sama yaitu Anda harus melindungi anggota dari risiko tambahan akibat virus Corona,” jelasnya.

Sementara itu, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe meminta panitia mempertimbangkan opsi menunda atau membatalkan Olimpiade. Sebelumnya, Abe sudah memerintahkan sekolah umum di Jepang untuk libur sebagai antisipasi penyebaran virus Corona.

Dilansir dari laman Sydney Morning Herald, anggota Komite Olimpiade Internasional dari Australia, John Coates mengungkapkan, IOC punya dana darurat sebesar 900 juta dolar yang bisa diberikan kepada Komite Olimpiade Nasional atau Federasi Olahraga apabila Olimpiade dibatalkan.

Bujet yang dikeluarkan untuk menggelar Olimpiade di Tokyo sekitar 12,6 miliar dolar Amerika. Jumlah itu di atas perkiraan sebelumnya di angka 7,3 miliar dolar Amerika. Namun, berdasarkan laporan dari Badan Audit di Jepang, biaya untuk Olimpiade mencapai 28 miliar dolar Amerika.

Data dan Fakta

  • Olimpiade pernah dibatalkan tiga kali pada 1916, 1940 dan 1944 karena peristiwa global yaitu perang dunia
  • Dari catatan WHO, 80 ribu orang di seluruh dunia positif terjangkit virus Corona
  • Di Jepang, ada 200 kasus virus Corona dan lima orang meninggal

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait