Wabah Corona, Olimpiade Tokyo Diusulkan Ditunda ke 2021

Image title
28 Februari 2020, 15:18
Olimpiade Tokyo
REUTERS/Athit Perawongmetha/Antara

Wabah virus Corona yang mulai merambah ke banyak negara membuat sejumlah event olahraga ditunda. Mulai dari Formula 1 di China, kejuaraan motorsport hingga kejuaraan dunia atletik. Olimpiade Tokyo yang akan dimulai pada 24 Juli nanti juga terancam ditunda.

Anggota Komite Olimpiade Internasional Dick Pound mengungkapkan, Olimpiade Tokyo bisa ditunda ke 2021 apabila pandemik virus Corona semakin meluas. Namun, penundaan Olimpiade harus melibatkan komitmen banyak pihak.

“Mulai dari hotel, sukarelawan, federasi olahraga di seluruh dunia, pemerintah dan juga masyarakat. Mereka semua harus menyepakati penundaan,” ujar Pound dalam wawancara dengan Associated Press, belum lama ini.

Pound mengatakan, Tokyo sebagai penyelenggara Olimpiade masih optimistis pesta olahraga terbesar di dunia itu akan tetap berjalan sesuai rencana. Akan tetapi, panitia juga harus mempertimbangkan opsi penundaan apabila wabah ini semakin meluas.

“Tidak memikirkan opsi penundaan Olimpiade akan membuat orang berpikir ini adalah hal gila,” ujarnya.

“Penundaan Olimpiade akan menjadi bencana finansial bagi Komite Olimpiade Internasional (IOC). Namun, prioritas pertama adalah, dan saya yakin IOC juga punya pandangan yang sama yaitu Anda harus melindungi anggota dari risiko tambahan akibat virus Corona,” jelasnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...