Situasi Ekonomi Tak Menentu, Investasi Emas Bisa Jadi Pilihan

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
1 Mei 2021, 18:46
Semarak Ramadan
Katadata

Investasi emas mulai ditelusuri berbagai kalangan karena dianggap mudah didapatkan dan memiliki nilai likuiditas yang sangat tinggi. Sehingga emas menjadi salah satu investasi yang diminati, selain itu dari sisi Islam emas atau dirham sangat dibolehkan bahkan lebih condong dianjurkan.

Peneliti Ekonomi Islam, Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Fauziah Rizki Yuniarti menjelaskan, ketidakpastian situasi ekonomi negara dengan adanya pandemi telah mempengaruhi harga emas. Sehingga emas mulai banyak dipilih pada saat ini karena untuk melindungi nilai.

“Emas salah satu alat untuk hedging (lindung nilai), jadi tren ketidakpastian ekonomi membuat banyak orang masih pakai emas untuk melindungi nilai,” ucapnya saat Webinar Semarak Ramadhan 1442 H ‘Ngaji Finansial’: Peluang Emas Investasi Emas’ pada Jumat (30/4).

Bagi Anda yang ingin mulai berinvestasi, emas menjadi pilihan yang cocok untuk pemula. Hal itu disampaikan oleh D’Gold Father & CEO gudangemas.com, Herru Wijayadie, ia menjelaskan dari desa sampai kota emas paling mudah dibeli, mudah laku, dan digadaikan.

“Kalau rumah kan nggak bisa kita bawa, emas taruh di kantong bisa, jadi tidak terikat pada lokasi. Jelas pula standar harganya,” katanya di acara yang sama.

Ia menyarankan untuk erinvestasi lebih baik memilih emas batangan, sebab emas perhiasan terdapat tarif dalam membuatnya. Harga yang ditaksir pun cukup besar yaitu 20 persen sampai 30 persen. Sedangkan emas batangan kecil tarif pembuatannya, jadi ketika ada kenaikan harga emas bisa mendapatkan untung.

Lalu yang tidak kalah penting adalah menetapkan target dan tujuan dalam melakukan investasi emas. Setelah itu pilih cara dalam membeli emas baik itu dalam digital atau konvensional, masing-masing memiliki risikonya. Maka sangat penting untuk mendalami edukasi sebelum berinvestasi agar Anda tidak salah perhitungan.

Halaman:
Editor: Doddy Rosadi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...