24 Daerah Pemenang Apresiasi Kelola APBD 2021

Image title
Oleh Doddy Rosadi - Tim Publikasi Katadata
30 November 2021, 16:01
24 Daerah Pemenang Apresiasi Kelola APBD 2021
Katadata

JAKARTA, 30 November 2021 – Katadata Insight Center (KIC) mengumumkan 24 pemerintah daerah sebagai penerima penghargaan Indeks Kelola yang mengukur ketepatan alokasi dan efektivitas daerah dalam mengelola anggaran sesuai tujuan pembangunan, baik di sektor pendidikan, kesehatan, ekonomi dan kesejahteraan.

Apresiasi kepada 24 pemda tersebut diumumkan di acara Katadata Regional Summit yang diselenggarakan secara virtual pada 30 November 2021. Selain pemberian apresiasi kepada kepala daerah, acara ini juga diikuti dengan rangkaian serial diskusi yang berlangsung pada 29 – 30 November dengan tema utama Percepatan Digitalisasi dari Sabang sampai Merauke.

Berdasarkan pengukuran oleh tim riset dan analis KIC tersebut, ke-24 daerah tersebut terpilih dari 508 kota dan kabupaten yang dikelompokkan dalam empat kelompok berdasarkan APBD per kapita dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Indeks Kelola 2021 memetakan pemenang untuk setiap kategori dalam setiap kelompok.

Penilaian Indeks Kelola 2021 yang memasuki tahun keempat ini berdasarkan dua komponen, yaitu administratif dan kuantitatif. Komponen administratif meliputi opini audit ABPD oleh BPK dengan hasil minimal Wajar Dengan Pengecualian (WDP). Sementara itu, untuk aspek kuantitatif diukur melalui ketepatan alokasi dan capaian pertumbuhan sektoral.

“Indeks Kelola 2021 dapat dijadikan rujukan daerah lain terkait alokasi dan pengelolaan anggaran yang tepat. Terutama di masa pandemi ini, daerah perlu mengelola anggaran dengan lebih hati-hati sehingga penanganan dampak pandemi serta pembangunan bisa tetap berjalan,” kata Adek Media selaku Head of Katadata Insight Center.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...