Menkes Optimistis Mudik Lebaran Tak Picu Kenaikan Kasus Covid-19

Image title
Oleh Doddy Rosadi - Tim Publikasi Katadata
6 April 2022, 09:37
Menkes Optimistis Mudik Lebaran Tak Picu Kenaikan Kasus Covid-19
Katadata

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin optimistis mudik Lebaran tahun ini tidak akan memicu kenaikan jumlah kasus positif Covid-19. Hal itu berdasarkan fakta tidak ada varian baru Covid-19. Kalau pun ada, kata Budi Gunadi, perlu waktu dua bulan bagi varian baru itu untuk masuk ke Indonesia dari negara asalnya.

“Kita sudah amati, penyebab kenaikan tinggi kasus Covid-19 bukan Hari Raya (Lebaran) tapi adanya varian baru. Sampai sekarang tidak ada varian baru yang mengkhawatirkan,” kata Budi Gunadi Sadikin saat menjadi pembicara dalam IDE Katadata 2022 di sesi Strengthening Indonesia's Health Architecture, Rabu (6/4/2022).

Menurut Budi Gunadi, varian baru yang ada saat ini adalah BA 2 tapi varian tersebut juga sudah masuk ke Indonesia. Karena itu, Menkes optimistis tidak ada varian baru Covid-19 pada Lebaran tahun ini.

“Saya yakin tidak akan ada lonjakan kasus. Tapi kita harus berdoa agar tidak ada varian baru lagi,” jelas Menkes.

Sebelumnya, Pemerintah terus melonggarkan sejumlah kegiatan seiring turunnya kasus Covid-19. Presiden Joko Widodo mengatakan mudik pada lebaran tahun ini akan diperbolehkan dengan syarat vaksinasi. Jokowi mengatakan mereka yang ingin pulang ke kampung halaman harus terlebih dulu menjalani vaksinasi primer dua kali dan satu kali booster.

“Saya minta protokol kesehatan tetap jalan,tetap pakai masker, rajin cuci tangan, dan jaga jarak,” kata Jokowi.

Menkes menambahkan, belum bisa dipastikan kapan endemi akan terjadi di Indonesia. Namun, kata Budi Gunadi, hampir bisa dipastikan semua pandemi akan beralih menjadi pandemi, termasuk pandemi Covid-19.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...