BMKG Bakal Tempatkan Cadangan Sistem Peringatan Dini Tsunami di Bali

Image title
Oleh Ekarina
17 November 2019, 09:05
BMKG akan menempatkan cadangan Sistem Peringatan Dini Tsunami Indonesia (InaTEWS) di Bali.
Antara Foto/Rivan Awal Lingga
Ilustrasi petugas BMKG di Gedung Cempaka Putih, Jakarta Pusat. BMKG berencana menempatkan cadangan Sistem Peringatan Dini Tsunami Indonesia (InaTEWS) di Bali.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) berencana menempatkan  cadangan Sistem Peringatan Dini Tsunami Indonesia (InaTEWS) di Bali. Hal itu sebagai antisipasi apabila sistem InaTEWS utama di kantor pusat BMKG di Jakarta lumpuh akibat bencana atau kendala lain.

"Back-up system ini sangat vital, karena harus kita siapkan dengan skenario terburuk apabila Jakarta lumpuh karena bencana atau berbagai kendala, maka pengendalian sistem peringatan dini tsunami akan segera diambil alih oleh BMKG Denpasar," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati di Jakarta, Sabtu (17/11).

Advertisement

InaTEWS dioperasikan oleh BMKG di Kantor Pusat Kemayoran Jakarta sejak 2008. Pada 2009 cadangan sistem ini juga mulai dirintis di Denpasar, Bali.

(Baca: Cuaca Ekstrem, BMKG Peringatkan Potensi Bencana pada Pergantian Musim)

"Dalam rangka memperkuat sistem peringatan dini di Indonesia, saat ini BMKG sedang dalam proses merapatkan jaringan sensor-sensor gempa bumi," katanya.

Saat ini sensor yang telah beroperasi sebanyak 176 sensor, akan diperbanyak menjadi 585 sensor di seluruh Indonesia pada tahun depan.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement