Ngabuburit di Destinasi Wisata Religi Berlatar Sejarah

Image title
15 April 2021, 21:45
MASJID AL ALAM DI TELUK KENDARI
ANTARA FOTO/Jojon/aww.

Indonesia dikenal sebagai salah satu surga pariwisata dunia. Ratusan destinasi wisata menyebar di seluruh penjuru negeri dengan segala keanekaragaman budaya, adat istidat dan keindahan alamnya.

Tak hanya itu, Indonesia memiliki beragam wisata religi berlatar sejarah. Berikut beberapa rangkuman tempat wisata religi yang memiliki latar belakang sejarah menarik untuk dikunjungi sambil menunggu waktu berbuka puasa tiba.

 1. Masjid Baiturrahman, Banda Aceh

Masjid yang dibangun di zaman Kesultanan Aceh oleh Sultan Iskandar Muda Mahkota Alam pada 1612 ini, tercatat sebagai salah satu masjid tertua di Indonesia. Saat terjadi serangan oleh penjajah Belanda pada 5 April 1873, pejuang kerajaan Aceh menjadikan masjid sebagai markas dan dan benteng pertahanan.

Pejuang yang berhasil bertahan dan menembak mati Jenderal Kohler dalam pertempuran sengit saat  itu, mendapat serangan balasan lima  hari kemudian. Pada 10 April 1873, pasukan Belanda menyerbu masjid Baiturrahman hingga akhirnya habis terbakar. Namun, empat tahun kemudian masjid kembali dibangun oleh Belanda sebagai tanda perdamaian.

Momen bersejarah lainnya terjadi pada 24 Desember 2004, ketika Aceh diterjang bencana tsunami. Masjid Baiturrahman banyak diingat lantaran menjadi satu-satunya bangunan yang tetap kokoh berdiri dan menjadi tempat menyelamatkan diri ketika gelombang tsunami menerjang Banda Aceh.

2. Masjid Cheng Ho, Surabaya

Halaman:
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...