Masjid Kauman Yogya, Megah dan Sarat Kisah Sejarah

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
24 April 2021, 21:28
MASJID LANGGAR AGUNG DIPONEGORO
ANTARA FOTO/Anis Efizudin/foc.

Yogyakarta dikenal sebagai Kota Budaya. Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta, salah satu bangunan masjid yang terkenal di kota itu. Tak hanya memiliki bangunan yang megah dan sarat unsur budaya, bangunan ini juga menyimpan kisah sejarah perkembangan Islam Tanah Air.

Setidaknya ada tiga peristiwa penting yang terjadi di Masjid Gedhe Kauman. Diawali peristiwa saat KH Ahmad Dahlan didaulat sebagai ulama keraton dan berhasil menentukan arah kiblat dengan selisih kemiringan 23 derajat.

Peristiwa kedua terjadi pada masa perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia. Peristiwa ketiga terjadi setelah kemerdekaan, yaitu ketika menjadi sarana perjuangan dalam membubarkan Partai Komunis Indonesia.

Masjid Gedhe Kauman berada di kawasan keraton Yogyakarta, dan berdekatan dengan alun-alun utara merupakan pusat syiar di keraton Yogyakarta sekaligus salah satu masjid tertua di Indonesia.

Didirikan pada 29 Mei 1773, masjid ini dibangun atas persetujuan Sri Sultan Hamengku Buwono I dengan Kiai Fakih Ibrahim Diponingrat, yang merupakan penghulu keraton pertama. Rancang bangunan masjid yang dikerjakan Kiai Wiryokusumo yang hingga kini masih terjaga kesasliannya.

Arsitektur banguan masjid berbentuk tajuk persegi tertutup dengan atap bertumpang tiga atau yang disebut tajuk lambing teplok. Pada bagian di masjid ini ada yang disebut Al Mahkamah Al Kabiro, nama diberikan untuk serambi yang digunakan untuk menampung jamaah.

Halaman:
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...