WPRF 2024: Praktisi Sebut Produk Tanpa Komitmen Keberlanjutan Tak akan Bertahan
Konsumen di seluruh dunia semakin memperhatikan barang-barang yang menerapkan komitmen menjaga lingkungan. Global Head of Communications BNP Paribas Silvia Arto mengatakan kondisi ini yang membuat perusahaan pemilik merek produk atau brand tidak punya pilihan selain menerapkan produksi yang berkelanjutan.
"Jika brand tidak melakukannya, mereka tidak akan bertahan. Konsep berkelanjutan harus dipenuhi demi ekspektasi dan kepercayaan konsumen," kata Arto dalam acara World Public Relation Forum (WPRF) 2024 di Nusa Dua, Bali, Rabu (20/11).
Managing Partner of GP Reputation Agency Minh Nguyen Khoa berpendapat, jika suatu merek mengklaim menganut konsep berkelanjutan, maka perusahaan harus dapat membuktikannya. “Maka penting bagi brand untuk jujur,” kata Nguyen.
Selain jujur, sikap transparan juga dibutuhkan untuk menjaga kepercayaan konsumen. Apabila hal tersebut tidak dapat dilakukan, konsumen dapat menganggap brand tersebut hanya sekadar greenwashing atau mengklaim keberlanjutan padahal tidak melakukannya.
WPRF merupakan acara yang diselenggarakan oleh Global Alliance bersama Perhumas Indonesia dan Katadata Indonesia. Tahun ini WPRF dihadiri oleh 1.400 peserta dari dalam dan luar negeri. Total ada 22 negara yang mengirimkan perwakilannya ke WPRF 2024.