Pre Order Adalah Metode Pembelian, Berikut Kelebihan dan Kekurangannya
Pre order seringkali muncul ketika membeli barang online. Sistem pemesanan Pre order dipakai penjual atau produsen untuk mempromosikan produk. Biasanya produk belum diluncurkan di pasaran, tetapi pembeli dapat memesan lebih dulu.
Sistem pre order membuat pelanggan penasaran untuk membeli, meski produk belum diluncurkan. Biasanya penjual menerapkan harga tertentu menggunakan sistem pre order. Pelanggan bisa mendapatkan harga lebih murah dibanding membeli secara langsung.
Pengertian Pre Order
Menurut kamus Cambridge, pre order adalah permintaan untuk membeli sebelum produk tersedia. Istilah pre order dipakai produsen memasarkan produk yang belum dipasarkan.
Ada juga sistem pre order untuk produk yang telah dipasarkan. Tetapi produk tersebut sedang diproduksi ulang sehingga biaya pemesanan diterapkan.
Penggunaan lain untuk istilah pre order adalah untuk penjualan online. Misalnya, penjual mempromosikan produk buku atau sepatu yang belum dirilis. Nah, pembeli bisa memesan terlebih dahulu. Salah satu keuntungan sistem pre order adalah, pembeli mendapatkan barang lebih cepat.
Sistem pre order juga menjamin pembeli menerima produk setelah dirilis. Keuntungan lain ketika permintaan produk tinggi, namun produksi kecil. Pre order dapat membangun loyalitas dan memperkirakan permintaan barang untuk pelanggan.
Keuntungan Pre Order
1. Menambah Penjualan
Sistem pre order ini dapat meningkatkan penjualan online. Penjual dapat memperluas penawaran produk. Selain itu produk dapat terjual lebih cepat sebelum dipasarkan.
2. Prediksi Permintaan Produk
Keuntungan lain dari menggunakan sistem pre order adalah, dapat mengukur minat pelanggan membeli produk tertentu. Umumnya sistem pre order memberi jumlah terbatas, sehingga pembeli tertarik pada barang.
3. Manajemen Inventaris
Mengutip dari selly.id, sistem pre order dapat mempengaruhi manajemen inventaris penjualan. Sebab, sistem pre order mampu memberi angka pasti, sehingga penjual tidak mengira-ngira jumlah produk yang harus disiapkan.
4. Pencarian Tinggi di Situs Web
Pembeli akan mencari barang yang dijual pre order secara online. Hal ini dapat meningkatkan peringkat barang yang terindeks di mesin pencari, seperti Google dan Bing. Barang yang muncul di halaman pertama dapat menarik banyak pelanggan untuk membeli sebuah produk.
Kekurangan Pre Order
1. Produk Terbatas
Barang yang dipasarkan secara pre order membuat persaingan antar pembeli. Beberapa orang secepat mungkin membeli banyak barang. Padahal produk terbatas yang mengakibatkan kelangkaan. Pelanggan yang membeli banyak barang lalu menjual dengan harga lebih tinggi.
2. Produk Terlambat Datang
Kekurangan lain sistem pre order adalah ada kemungkinan produk datang terlambat. Seringkali produk belum terkirim meski sudah ada tanggal peluncuran. Hal ini akan mempengaruhi loyalitas pembeli. Sebelum membeli sebaiknya anda mencari penjual atau produsen yang loyal pada pelanggan.
3. Tidak Menjamin Produk Bagus
Sistem pre order juga tidak menjamin produk sukses terjual. Beberapa orang mempertimbangkan membeli produk sebelum dirilis. Mereka lebih memilih produk berkualitas atau produk lain yang sudah tersedia. Sehingga, sistem pre order belum tentu berhasil untuk meningkatkan penjualan.