Memahami Apa Arti Retail Sebagai Bentuk Penyaluran Produk

Ghina Aulia
30 November 2023, 08:00
Apa arti retail.
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/rwa.
Pengunjung melintasi rak beras SPHP di salah satu pusat perbelanjaan, Jakarta, Jumat (6/10/2023). Pemerintah membatasi pembelian beras jenis Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) dengan jumlah maksimal sebanyak 10 kilogram per orang di retail modern, pembatasan tersebut agar beras SPHP dapat dinikmati seluruh masyarakat yang membutuhkan dan tidak dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Retail mengacu pada penjualan barang dan jasa kepada konsumen untuk penggunaan pribadi dan non-bisnis. Pada prosesnya, ritel melibatkan penjualan produk langsung ke konsumen akhir, yang membeli barang untuk kebutuhan atau kesenangan masing-masing.

Pengecer adalah bisnis yang terlibat dalam tahap akhir rantai distribusi ini, memperoleh produk dari produsen atau grosir dan menjualnya kepada konsumen melalui berbagai saluran. Retail dapat dilakukan di toko fisik, di mana pelanggan mengunjungi lokasi bata-dan-mortir untuk melakukan pembelian, atau melalui platform online, di mana pelanggan dapat membeli produk melalui internet.

Retail atau ritel termasuk merchandising, layanan pelanggan, manajemen inventaris, harga, dan pemasaran. Pengecer bertujuan untuk menciptakan pengalaman berbelanja yang positif untuk menarik dan mempertahankan pelanggan, dan mereka dapat menggunakan berbagai strategi seperti promosi, diskon, dan program loyalitas untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan.

Apa Arti Retail?

Secara bahasa, retail diambil dari bahasa Perancis, yakni retailler. Artinya adalah memotong atau memecahkan sesuatu. Diketahui bahwa retail juga dikenal dengan sebutan ritel.

Mengutip Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), retail adalah usaha bersama dalam bidang perniagaan dalam jumlah kecil kepada pengguna akhir. Sementara peretail diartikan sebagai orang atau pelaku usaha bersama dalam bidang perniagaan, atau pengecer.

Apa Arti Retail Menurut Para Ahli?

Michael Levi dan Barton A. Weitz

Retail adalah serangkaian aktivitas bisnis yang dilakukan untuk meningkatkan nilai guna dari sebuah produk barang mau pun jasa yang kemudian dijual kembali kepada konsumen. Tujuannya yaitu agar bisa dipakai atau dikonsumsi secara pribadi mau pun rumah tangga.

Danang Sunyoto

Retailing adalah semua aktivitas yang mengikutsertakan pemasaran barang dan jasa secara langsung kepada pelanggan.

Philip Kotler 

Retail meliputi semua kegiatan yang melibatkan penjualan barang atau jasa secara langsung pada konsumen akhir untuk penggunaan pribadi dan bukan bisnis.

Barry R. Berman dan Joel R. Evans

Retail adalah suatu aktivitas bisnis yang berusaha untuk memasarkan produk barang mau pun jasa kepada konsumen tingkat akhir untuk dipakai secara pribadi mau pun kebutuhan rumah tangga.

David Gilbert

Retail meliputi semua usaha bisnis yang mengerahkan seluruh keahlian pemasaran produk atau jasa secara langsung agar dapat memuaskan konsumen di tingkat akhir berdasarkan pada penggolongan produk barang mau pun jasa sebagai pusat distribusinya.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...