Faktor Pendorong Perdagangan Internasional dan Penghambatnya

Anggi Mardiana
5 Desember 2023, 12:25
Faktor Pendorong Perdagangan Internasional
Freepik
Faktor Pendorong Perdagangan Internasional

Ada banyak faktor pendorong perdagangan internasional dan setiap negara pasti melakukannya. Beberapa faktor pendorong mulai dari kondisi geografis, kurangnya barang atau jasa yang dibutuhkan hingga perjanjian dan kerja sama politik.

Perdagangan internasional diartikan sebagai kegiatan transaksi jual beli barang atau jasa antarnegara. Pelaku transaksi perdagangan internasional yaitu individu antarnegara, individu dengan pemerintah antarnegara dan pemerintah dengan pemerintah antarnegara.

Faktor Pendorong Perdagangan Internasional

Faktor Pendorong Terjadinya Perdagangan Internasional
Faktor Pendorong Perdagangan Internasional (Unsplash) 

Tujuan perdagangan internasional dilakukan antara lain untuk meningkatkan PDB (Produk Domestik Bruto) atau GDP (Gross Domestic Product). Tidak hanya itu, perdagangan internasional turut meningkatkan kemajuan transportasi, industrialisasi, globalisasi dan keberadaan perusahaan multinasional. Adapun berikut faktor pendorong perdagangan internasional:

1. Kebutuhan Negara dan Masyarakat

Prinsip bahwa setiap negara tidak mampu memproduksi semua kebutuhan bangsa dan masyarakatnya merupakan dasar dari perdagangan internasional. Adanya perbedaan dalam sumber daya alam, keahlian dan teknologi antar negara membuat perdagangan internasional menjadi penting.

2. Perbedaan Sumber Daya Alam

Dengan saling memanfaatkan keunggulan komparatifnya, Indonesia dan Australia menciptakan suatu hubungan perdagangan yang saling menguntungkan, meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan memenuhi kebutuhan masyarakat mereka. Perdagangan internasional menjadi wadah di mana negara-negara dapat saling berkolaborasi berdasarkan kekayaan sumber daya alam yang dimiliki.

3. Meningkatkan Pendapatan Negara

Keuntungan perdagangan internasional ialah untuk meningkatkan pendapatan negara sehingga kegiatan ekspor dan impor dipermudah. Negara akan memperoleh pendapatan dari pajak dan pendapatan transaksi ekspor atau impor.

4. Perluasan Target Pasar

Perdagangan internasional mendorong perusahaan memperluas target pasar dengan memproduksi barang dan jasa besar-besaran. Nantinya kelebihan jumlah produksi bisa diarahkan ke pasar luar negeri.

5. Perbedaan Iklim

Iklim di setiap negara yang berbeda-beda berpengaruh terhadap hasil produksi. Contohnya produk tempe yang dikonsumsi Indonesia menggunakan bahan kedelai impor negara lain. Padahal Indonesia merupakan negara yang dapat memproduksi kedelai. Namun iklim Indonesia membuat kualitas kedelai kurang baik sehingga pemerintah mengambil kebijakan mengimpor kedelai.

6. Perbedaan Selera

Perbedaan selera setiap masyarakat antarnegara berbeda-beda. Contohnya negara A merupakan penghasil buah dan sayur sedangkan negara B merupakan produsen daging sapi. Kedua negara itu melakukan perdagangan internasional dan saling menguntungkan karena masyarakat A lebih menyukai daging sapi sedangkan negara B dominan menyukai sayuran dan buah-buahan.

7. Dukungan Luar Negeri

Dukungan luar negeri turut menjadi faktor pendorong perdagangan internasional. Jika memiliki banyak mitra dagang, dukungan luar negeri kepada negara bisa semakin banyak.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...