Profil MNC Group, Media Penyelenggara Debat Capres KPU

Safrezi Fitra
4 Januari 2024, 15:15
profil mnc group, profil grup mnc, profil hary tanoe, mnc group, debat capres, kpu, ganjar-mahfud
Arief Kamaludin | KATADATA
KPU menetapkan MNC Group sebagai media penyelenggara debat capres ketiga dalam rangkaian Pilpres 2024.
Button AI Summarize

Profil MNC Group mendapat banyak sorotan masyarakat saat ini. Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyakatan MNC Group tetap menjadi media penyelenggara siaran debat calon presiden (capres) ketiga pada 7 Januari 2024.

Komisioner KPU RI August Mellaz memastikan hal ini usai rapat persiapan debat ketiga Pilpres 2024 bersama tim kampanye paslon dan media penyelenggara di Kantor KPU RI, Jakarta, Rabu (3/1) malam.

August menjelaskan penetapan MNC Group sebagai media penyelenggara debat capres ketiga Surat Keputusan (SK) KPU telah menetapkan media penyelenggara pada setiap gelaran debat.  "Nah (untuk debat capres dan cawapres ketiga) ini tetap dilakukan oleh MNC," ujarnya.

Sebagai media penyelenggara, media-media penyiaran di bawah MNC Group bertugas sebagai TV pool atau stasiun TV pemegang kendali siaran debat. Keputusan KPU yang menetapkan MNC Group sebagai media penyelenggara debat capres ini dikritik oleh dua kubu pasangan capres dan cawapres dalam Pilpres 2024.

Tim Pemenangan Nasional (Timnas) Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN) mengkritik sebaiknya KPU bisa lebih netral dengan tidak menggunakan media MNC yang sudah jelas arah dukungan politiknya. Alasannya, MNC Group merupakan grup media milik Hary Tanoesoedibjo, ketua umum Partai Perindo yang merupakan partai politik pendukung paslon nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Mereka mengusulkan opsi lain yang bisa dilakukan adalah dengan menambah media lain, sehingga media penyelenggara debat tidak hanya ekslusif untuk MNC Group. Ini penting agar KPU terhindar dari prasangka negatif dan menjaga kepercayaan publik.

Sementara Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sempat melayangkan surat keberatan kepada KPU.

MNC Group sempat menjadi trending topic di media sosial Twitter atau X pada Rabu (3/1), hingga ribuan cuitan. Tak hanya soal keputusan KPU yang menetapkan MNC Group sebagai media penyelenggara debat capres ketiga, warganet juga membicarakan pemilik MNC Group Hary Tanoe yang kompak maju sebagai calon legislatif bersama keluarganya dari partai Perindo.

Bagaimana profil MNC Group, grup media penyiaran milik Hary Tanoe kontroversial ditetapkan sebagai media penyelenggara debat capres KPU? Berikut ulasannya.

Profil Grup MNC dan Hary Tanoe

Berdasarkan situs resminya, PT MNC Asia Holding Tbk atau MNC Group didirikan di Jakarta pada tahun 1989 sebagai perusahaan sekuritas yang bernama PT Bhakti Investama. Hary Tanoesoedibjo mendirikan perusahaan ini baru menyelesaikan pendidikan S2 di Kanada. Dia menjadi menjadi pendiri, pemegang saham, dan Presiden Eksekutif Bhakti Investama ketika usianya masih 24 tahun.

Sembilan tahun kemudian, PT Bhakti Investama mencatatkan pertama kali sahamnya di Bursa Efek Indonesia dan menjadi perusahaan terbuka pada 1997, dengan kode saham BHIT. Perusahaan ini pun mulai berkembang dengan cepat.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...