Tujuh Kandidat Vaksin Covid-19 Sudah Masuk Uji Klinis Tahap III

Dimas Jarot Bayu
6 Agustus 2020, 19:34
vaksin virus corona, covid-19
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto
Suasana fasilitas produksi vaksin COVID-19, di kantor Bio Farma, Bandung, Jawa Barat, Selasa (4/8/2020). Satuan Tugas Penanganan Covid-19 menyebut belum ada kandidat vaksin yang lulus uji.

Banyak negara di dunia terus berupaya menemukan vaksin virus corona. Vaksin menjadi salah satu cara untuk melindungi masyarakat dari virus mematikan tersebut.

Walau demikian, baru tujuh kandidat vaksin yang telah sampai tahap uji klinis fase ketiga. "Belum ada satupun di dunia yang sudah lulus uji," kata juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (6/8).

Advertisement

Wiku mengatakan, salah satu kandidat vaksin yang sudah masuk uji klinis fase ketiga merupakan buatan perusahaan farmasi asal Tiongkok, Sinovac Biotech Ltd. Dalam riset vaksin tersebut, Sinovac bekerja sama dengan berbagai lembaga, salah satunya BUMN farmasi PT Bio Farma (Persero).

Ada pula kandidat vaksin yang dikembangkan China National Pharmaceutical Group atau Sinopharm bersama Wuhan Institute of Biological Products. Kandidat vaksin corona lainnya dikembangkan Sinopharm bersama Beijing Institute of Biological Products.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement